PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DAKWAH RASULULLAH SAW DI MADINAH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH KELAS VII MTS SIRAJUL ULUM KREJENGAN JATIURIP KREJENGAN PROBOLINGGO JAWA TIMUR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan agar minat belajar siswa menggunakan metode Index Card Match (ICM) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi Dakwah Rasulullah SAW di Madinah meningkat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bentuk penelitian tindakannya diterapkan ketika proses pembelajaran dikelas berlangsung. Populasinya adalah semua siswa kelas VII MTs Sirajul Ulum Krejengan . Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, tes, catatan lapangan. Prosedur penelitian ini diantaranya yaitu perencanaan (planning), tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis statistic deksriptif. Adapun hasil penelitian pertama yaitu kondisi awal minat belajar siswa kelas VII MTs Sirajul Ulum Krejengan  masih sangat minim. a). perasaan senang siswa teruhadap pembelajaran masih mencapai 30%, pemusatan perhatian dan pikiran siswa saat pembelajaran berlangsung mencapai 30%, ketertarikan belajar siswa 33,3%. b). pada siklus I minat belajar siswa sesudah menggunakan metode Index Card Match mulai meningkat, perasaan senang siswa mencapai 40%, pemusatan perhatian dan pikiran saat pembelajaran berlangsung sudah mencapai 50%, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran mencapai 46,6%. c). pada siklus II peningkatan minat belajar siswa sudah cukup maksimal, perasaan senang siswa terhadap pembelajaran mencapai 63,3%, pemusatan perhatian dan pikiran siswa mencapai 70%, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran mencapai 73,3%.
Kata Kunci: Peningkatan Minat Belajar, Index Card Match, SKI
Abstract
The purpose of this study is to increase the interest of learning students through the methods of Index Card Match (ICM) at the course of this history of Islamic culture the dakwah prophet Muhammad SAW materian in medina. The study is a class action study (PTK) whose action study form is applied when class learning is taking place, the population being all class students VII MTs Sirajul Ulum Krejengan . His data collection methods include observation, interviews. Documentation, test, field notes, these experimental procedures. That of planning, planning. Observations and reflection and analysis of data using statistical analysis. As for the firs study results, the earlies conditions of interest in studying class VII MTs Sirajul Ulum Krejengan  are still very. Limited, a) a feeling of pleasure over learning is still at 30%, focused attention and mind on learning at 30%, student tutoring attractions at 33,3% . b) in the I cycles interest in student study after using the method of Index Card Match begins to rise, a feeling pleasure over learning is still to 40%, focused attention and mind on learning at 50%, student tutoring attractions at 46,6%. c). on cycle II increased interest in student learning is maximum, a feeling of pleasure over learning is still at 63%, 70% focused attention and mind on learnin, the students tutoring attractions is at 73,3%
Keywords: Increase Interest in Learning, Index Card Match, SKIFull Text:
PDFReferences
Bima, A. F., & Widodo, W. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).
Fauziah Amni, (2017), Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang, Jurnal JPSD Vol.4 No.1, hal: 48
Febriyanto, G. (2011). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Index Card Match pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tanjungsari Rembang Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Halawati, F. (2020). Pengaruh penggunaan metode index card match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan, 1(1), 33-39.
Hidayat, P. W., & Sari, R. S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Metode Tipe Index Card Match pada Pelajaran Matematika. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 71-80.
Hartiningrum, E. S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79-86.
Kholidah rambe Riris Nur, (2018), Penerapan strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonsia, Jurnal Tarbiyah, Vol.25 No.1,hal: 94
Khasanah, U. (2011). Pengaruh Pembelajaran Make A-Match dan Index Card Match Terhadap Pemahaman Siswa Kelas X SMA Institut Indonesia Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(2).
Nugraha, D. A., VH, E. S., & Masykuri, M. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) yang Dilengkapi Media Kartu Berpasangan (Index Card Match) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Gasal SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 174-181.
Nurhana Rizki, (2019), Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, vol.4 No.1, hal: 8
Novela, M., Bahar, A., & Amir, H. (2017). Perbandingan hasil belajar siswa dengan metode index card match dan bamboo dancing. Alotrop, 1(2).
Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal tarbiyah, 25(1).
Seprianto, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Sekolah Menengah Pertama. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya), 3(1), 11-17.
Sitompul, D. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1).
Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 46-48.
Suwartiani, S. (2017). Metode Index Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 1(1), 1-6.
Sumayana, Y. (2015). Penggunaan Metode Index Card Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mengenal Sejarah Uang. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 90-98.
Sudrajat Ajad, (2011), Mengapa Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan. Vol.1 No.1, hal: 10
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D ( Bandung : Alfabeta) hal: 7
Sulfemi Wahyu Bagja, (2019), Proses Pembelajaran di Sekolah. Makalah Manajemen Kependidikan, hal :1-3
Wibowo, A. B. (2015). Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gejala Alam Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kedungpilang Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).
Yuniantika Defi, (2018), Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wirokerten Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Ke SD an, Vol.4 No.2, hal: 347-349.
Yuniantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Wirokerten. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Herwati Herwati, Haibatul Aliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.