Penerapan Pembelajaran Cooperative E-learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 002 Rambah Samo

Ella Andesty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan pembelajaran Cooperative E-Learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 002 Rambah Samo. Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah ketidak tercapaian tujuan pembelajaran yang tergambar dari nilai ulangan harian siswa pada pembelajaran tematik yang masih di bawah nilai KKM 75. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa SD Negeri 002 Rambah Samo yang berjumlah 24 orang, terdiri atas 16 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan beberapa instrumen berupa lembar soal dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari pertemuan 1 siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 58% (14 siswa) dan 42% (10 siswa) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 66,25, meningkat pada pertemuan 2 yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 67% (16 siswa) dan yang tidak tuntas berjumlah 33% (8 siswa) dengan nilai rata-rata 75. Pada siklus 2 pertemuan 1 yang tuntas sebanyak 83% (20 siswa) dan yang tidak tuntas sebanyak 17% (4 siswa) dengan nilai rata-rata 85,4, kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 2 yaitu dengan jumlah yang tuntas sebanyak 92% (22 siswa) dan yang tidak tuntas sebanyak 8% (2 siswa) dengan nilai rata-rata 90,6. Dengan adanya peningkatan hasil belajar maka terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 25%. Apabila dilihat dari data yang sudah didapat bahwa yang lulus telah melebihi indikator keberhasilan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Cooperative E-Learning untuk meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas V SD Negeri 002 Rambah Samo telah berhasil. 

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: Gaung Persada (GP Press).

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Rosdakarya.

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rahadian, Annisa Nur. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model E-Learning dengan Media Video pada Siswa Kelas IV MIN 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. IAIN Salatiga.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sutanta, Edhy. 2014. Sistem Basis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2011. Desain Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ella Andesty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)