PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 29 SUNGAI PUANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

dwi cahyadi wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memperoleh informasi secara objektif mengenai peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model think talk write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran think talk write di kelas V SD Negeri 29 Sungai Puang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh rata-rata 79,34% dengan kategori baik.  Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 2 diperoleh rata-rata 89,66% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 71,71% dengan kategori baik.  Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 2 diperoleh rata-rata 84,34% dengan kategori sangat baik. (2) Terdapat peningkatan keterampilan menulis pantun siswa di kelas V SD Negeri 29 Sungai Puang setelah diterapkan model pembelajaran think talk write. Hasil menulis pantun siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 66,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,67%, sedangkan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 72,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. (3) Respon siswa dalam model pembelajaran think talk write dalam menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri 29 Tahun Pelajaran 2019/2020 siswa menyatakan cukup menarik, menyenangkan, dan membantu dalam memahami materi yang diajarkan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Duda, H. J., Wibowo, D. C., Wahyuni, F. R. E., Setyawan, A. E., & Subekti, M. R. (2021). Examines the Misconceptions of Students Biology Education: Health Biotechnology. Pedagogika, 142(2), 182–199. https://doi.org/10.15823/p.2021.142.10

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Warkintin, Warkintin. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2.1. (2016), 118-124.

Wedyawati, Nelly; Setyawan, Antonius Edy; Dike, Daniel; Lisa, Yasinta ; Wibowo, Dwi Cahyadi. 2020. Design of Gamikar (Game Mitigasi Kebakaran) for High-Grade Elementary Student. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems presents peer-reviewed survey and original research articles, volume 12 Nomor 7, 176-185.

Wibowo, Dwi Cahyadi; Deta, Yuliana; Dores, Olenggius Jiran. 2020. ‘Efektivitas Belajar Dari Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6.2 (2020), 228–41.

Yekti, Maulidah Eka. 2016. Keefektifan Model Think Talk Write (TTW) pada Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan. Skripsi: Program Studi PGSD. Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 dwi cahyadi wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)