PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA

Mansur S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture Terhadap Hasil belajar biologi siswa kelas X SMA swasta katolik St. Petrus Kewapante pada materi invertebrata filum Arthropoda. Rancangan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Dilaksanakan pada kelas XA dan XC. Variabel bebas berupa model pembelajaran picture and picture dan variable terikat berupa hasil belajar siswa (afektif, psikomotor dan kognitif). Data hasil belajar afektif dan psikomotor diperoleh dengan observasi sedangkan hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai pre test dan post test. Data hasil kognitif siswa dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar afektif dan psikomotor siswa berpengaruh sangat baik. Hasil belajar kognitif menunjukkan adanya perbedaan rata-rata klasikal antara kelas eksperimen dan kontrol. Uji hipotesis dengan uji-t diperoleh hasil yaitu 0,00< 0,05 maka hipotesis alternative diterima. Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat berpengaruh terhadap hasil belajar Kognitif biologi siswa kelas X SMA Swasta Katolik St. Petrus Kewapante pada materi invertebrata filum Arthropoda

Full Text:

PDF

References


Afidah, I. N. 2012. Pengaruh penerapan Metode Socratic Circles disertai Media Gambar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi 4 (3):1-15. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/28576

Djafar, M. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Parepare. AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (2), http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/840

Wardiah, Y & Lagiono. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pendidikan Hayati. 1(2): 53-59

Riandari, H. 2007.Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA dan MA. Online. http:/model-kurikulum-tingkatsatuan-pendidikan. 20/02/2017

Natalia, M., Yusuf, Y., Rahmayani, D. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Ukui Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Riau: Program Studi Pendidikan Biologi JurusanPendidikan MIPA FKIP Universitas Riau

Pratiwi, N., Aslam. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (6), https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081

Rahman, T. 2000. Peranan Pertanyaan terhadap Kekuatan Retensi dan Pembelajaran Sains pada Siswa SMU. Educare : Jurnal Pendidikan dan Budaya. 1(2): 37-46

S, M. 2021. Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 5 (2), 140-146,

S, M., Raida, S. A., Putra, S. H. J. P. 2021. Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata. Journal of Biology Education. 4 (1), http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796

S, M., & Bare, Y. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3 (2), 84–89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit Pustaka Setia

Handayani, D. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Materi Invertebrata di SMA Teuku Umar Semarang. Skripsi. Semarang : Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang

Istifarini, R., Bintari, S. H., Martuti, N. K. T. 2012. Pembelajaran Materi Virus menggunakan Media Kartu Bergambar di SMA Negeri 2 Wonosobo. Unnes Journal of Biology Education. 1(2) : 122-128

Riyono, B., Retnoningsih, A. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Jounal of biology Education. 4 (2) :166-172

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Lu C, Y, C & Chen, C. 2011. A Corrrelative Study of CD-ROM Picture Books in Classrooms and School Children’s Formation of Decriptive Concepts.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mansur S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)