IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI MELALUI OPTIMALISASI PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Hasan, Nining Nurtrida, Nur Arisah, Nuraisyiah Nuraisyiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan program minat baca dalam mengembangkan gerakan literasi siswa, dan mengetahui pengaruh minat baca siswa dengan program gerakan literasi yang dilaksanakan di SD Inpres Pandang-Pandang. Data yang diperoleh berasal dari wawancara dengan beberapa informan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) program minat baca siswa melalui pelaksanaan gerakan literasi di SD Inpres Pandang-Pandang telah diimplementasikan, namun belum optimal, dan (2) sebagai bentuk optimalisasi perpustakaan, sekolah masih berupaya untuk membuat kondisi perpustakaan yang nyaman.


Full Text:

PDF

References


Anjani, S. D. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74-83.

Amalia, N. R. (2021). Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Nilai Estetika Serta Minat Baca. Jurnal Lepa-lepa Open, 1(2), 17-25.

Azis, A. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 57-64.

Eko Kuntarto, S. (2017). Pengalaman Terbaik dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 185-201.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 54-60.

Fadhilaturrahmi, A. R. (2021). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683-1688.

Farihatin, Anisa Rohmati. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Febriani, R., & Khosmas, F. Y. (2014). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2). 1-12.

Gross, M. (2001). Imposed Information Seeking in Public Libraries and School Library Media Centres: a Common Behaviour?. Information Research, 6(2).

Hamdan Husein Batubara, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15-29.

Handayani, G., Adisyahputra, A., & Indrayanti, R. (2018). Correlation Between Integrated Science Process Skills, and Ability to Read Comprehension to Scientific Literacy in Biology Teachers Students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 22-32.

Inawati, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri Oku. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 173-182.

Mangnga, A. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jupiter, 17 (1), 38-41.

Masturi, H. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan. Skripsi, Tidak Dipublikasikan.

Novriliam, R., & Yunaldi, Y. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1(1), 141-150.

Nurdiyanti, E & Suryanto E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13 (2), 115-128.

Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Kudus: Universitas Muria Kudus, 1(4), 36-41.

Priyatni, E. T. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Riska, A. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Inpres 12/79 Biru II Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(2), 165-175.

Samad, F. (2019). Optimalisasi Perpustakaan Sekolah Dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kota Ternate. Edukasi, 16(2), 115-125.

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar melalui Kunjungan Perpustakaan. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST , 1, 24 – 30.

Setyawan, E., & Purnama, B. E. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pacitan. Journal Speed, 4(3), 20-24.

Widayoko, A. H. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78-92.

Soffel, J. (2016).The Skills Needed in the 21st Century. World Economic Forum.

Zaelani, R., & Margunani, M. (2016). Peran Minat Belajar Sebagai Intervening dalam Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 532-532.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Hasan, Nining Nurtrida, Nur Arisah, Nuraisyiah Nuraisyiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)