PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS

Nurul Fajri, Ahmad Rivauzi

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan Penguatan pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas dengan menerapkan nilai-nilai karakter dalam design silabus dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2) Melaksanaan pembiasaan sikap/karakter sebelum memulai pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Kelas di satuan pendidikan dilaksanakan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) melaksanakan pembiasaan sikap dan karakter sebelum memulai pembelajaran, mengelola kelas dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter, menerapkan model dan metode pembelajaran yang mendukung nilai-nilai karakter, mengaitkan isi pembelajaran dengan Penguatan Pendidikan Karakter, memfasilitasi peserta didik untuk menumbuhkembangkan karakter, mencatat perkembangan karakter peserta didik, memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang karakter yang dirancang dalam RPP.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif.: Teori dan Praktik Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hardiyana, Siti. 2014. Pengaruh guru PKn terhadap pembentukan karakter siswa. Jurnal Ilmiah PPKn IKIP Veteran Semarang.

Kemendikbud. 2016. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam tingkat pendidikan formal. Jakarta: Depdiknas.

Saprin. 2017. Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik di MTS Negeri Gowa. Jurnal al-Kalam.

Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Fajri, Ahmad Rivauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)