INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Muh. Fitrah, Dedi Kusnadi

Abstract


Tujuan utama penelitian ini ialah mengeksplorasi beberapa hasil penelitian relevan dalam konsep pengintegrasian nilai-nilai islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Metode penelitian ini ialah menggunakan studi kepusatakaan dengan rujukan dasar ialah Al-Qur’an, hadis, dan hasil penelitian terbaru (update) 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus menumbuhkan kembangkan dan mengintrepretasikan skill yang dimiliki untuk mengintegrasikan nilai ke-Islam-an yang berkaitan erat dengan matematika. Sehingga outpot dapat mengantarkan peserta didik menjadi insan yang berkemajuan dan berkarakter. Ditinjau dari pembelajaran matematika, bahwa mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islam-an ialah memadukan antara nilai-nilai Islam dengan pembelajaran matematika yang tentu pada akhirnya diantara perpaduan itu akan menjadi satu kesatuan yang relevan. Terdapat beberapa konsep matematika dalam Al-Qur’an yang dapat diintegrasika, seperti: penjumlahan, perkalian, garis dan sudut, himpunan, bilangan, pengukuran, dan barisan dan deret aritmetika, dan lainnya. Disamping itu, terdapat beberapa langkah strategi pembelajaran yang dikaitkan dengan pengintegrasian nilai-nilai Islam, seperti; selalu menyebut nama Allah SWT, menyisipkan ayat atau hadits yang relevan, penelusuran sejarah, dan simbol ayat-ayat alam semesta. Tentu dari beberapa strategi tersebut memberikan efek positif pembelajaran matematika guna menumbuh kembangkan sikap jujur, sikap konsisten dan sistematis terhadap aturan, sikap adil, sikap tanggung jawab, dan sikap percaya diri.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., & Aisyah, E. N. (2019). Integration Models of Religious and Moral Values in Tematic Learning in Early Childhood Education Programs. https://doi.org/10.5220/0008407800630069

Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Siswa. At- Tarbawi, 11(1). https://doi.org/10.32505/tarbawi.v11i2.1029

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).

Elmubarok Zaim. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai. Bandung: Penerbit Alfabet.

Fasil Jalal; Dedi Supriadi. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah (Ed.1 Cet.). Adi Cita Karya Nusa.

Fitrah, M. (2016). Mengidentifikasi Faktor Penghambat Guru Matematika Kecamatan Dompu NTB Terhadap Proses Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Undikma, 9(August).

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70.

Fitriah, N., Muchyidin, A., & Sahrodi, J. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.34

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA.

Gurria, A., Williams, J. D., Schleicher, A., & OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume III) WHAT SCHOOL LIFE MEANS FOR STUDENTS’ LIVES. In OECD Retrieved from www pisa oecd org on March.

Hartono. (2011). Pendidikan Integratif, Purwokerto : STAIN Press.

Hariyani, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. Menara Riau, 12(2).

Hasbullah. (2002). Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Model Treffinger Bagi Siswa SMA. Journal of Education Technology, 1(2). https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742

Kohar, Ahmad Wachidul. (2010). Makalah Seminar Pendidikan Matematika “Membumikan Pendidikan Nilai Melalui Integrasi Islam Dalam Pembelajaran Matematikaâ€.FMIPA UNESA. Online ps://www.academia.edu

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak DinI. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326

Lutfianto, M., & Sari, A. F. (2017). Respon Siswa terhadap Soal Matematika Mirip PISA dengan Konteks Berintegrasi Nilai Islam. Jurnal Elemen, 3(2). https://doi.org/10.29408/jel.v3i2.342

Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 4(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.85

Mahfudzoh, S. (2011). Pengaruh Integrasi Islam dan Sains Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Mulyana R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 28(3).

Nata, A. (2011). Studi Islam Komprehensif. In Mentari (Issue Vol 12, No 1 (2009)).

Nihayati. (2017). Integrasi nilai-nilai islam dengan materi himpunan (kajian terhadap ayat-ayat al- qur’an). Jurnal Edumath, 3(1).

Nurdinah Hanifah. (2016). Sosiologi Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Nursupiamin, N. (2018). Konsep Ortogonalitas dalam Al-Quran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.96

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 3(3). https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11727

Rusdiyanto, R. (2018). Integrasi Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Lembaga Pendidikan Di Indonesia. Journal TA’LIMUNA, 7(1). https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.145

Safitri, W. Y., Haryanto, H., & Rofiki, I. (2020). Integrasi Matematika, Nilai-Nilai Keislaman, dan Teknologi: Fenomena di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Tadris Matematika, 3(1). https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.89-104

Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2). https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717

Suryana T, Af, A.,dkk. (1996). Pendidikan Agama Islam: untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Tiga Mutiara

Tahir, M. T. (2021). Integrasi agama dalam pembelajaran sains di Madrasah. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01). https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.151

Tijah, M. (2019). Model Integrasi Matematika Dengan Nilai-Nilai Islam Dan Kearifan Lokal Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Ventini, M., Hartati, H., & Sukardjo, M. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Sikap Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Jakarta Timur. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2). https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8630

W, K. (2016). Implementasi Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Brebes. Dialetika Pendidikan Matematika, 3(2).

Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2).

Yustinaningrum, B., Lubis, N. A., Gradini, E., Firmansyah, F., & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 3 Aceh Tengah. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1031




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muh. Fitrah, Dedi Kusnadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)