INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S., & Aisyah, E. N. (2019). Integration Models of Religious and Moral Values in Tematic Learning in Early Childhood Education Programs. https://doi.org/10.5220/0008407800630069
Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Siswa. At- Tarbawi, 11(1). https://doi.org/10.32505/tarbawi.v11i2.1029
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).
Elmubarok Zaim. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai. Bandung: Penerbit Alfabet.
Fasil Jalal; Dedi Supriadi. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah (Ed.1 Cet.). Adi Cita Karya Nusa.
Fitrah, M. (2016). Mengidentifikasi Faktor Penghambat Guru Matematika Kecamatan Dompu NTB Terhadap Proses Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Undikma, 9(August).
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70.
Fitriah, N., Muchyidin, A., & Sahrodi, J. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.34
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA.
Gurria, A., Williams, J. D., Schleicher, A., & OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume III) WHAT SCHOOL LIFE MEANS FOR STUDENTS’ LIVES. In OECD Retrieved from www pisa oecd org on March.
Hartono. (2011). Pendidikan Integratif, Purwokerto : STAIN Press.
Hariyani, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. Menara Riau, 12(2).
Hasbullah. (2002). Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Model Treffinger Bagi Siswa SMA. Journal of Education Technology, 1(2). https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742
Kohar, Ahmad Wachidul. (2010). Makalah Seminar Pendidikan Matematika “Membumikan Pendidikan Nilai Melalui Integrasi Islam Dalam Pembelajaran Matematikaâ€.FMIPA UNESA. Online ps://www.academia.edu
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak DinI. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Lutfianto, M., & Sari, A. F. (2017). Respon Siswa terhadap Soal Matematika Mirip PISA dengan Konteks Berintegrasi Nilai Islam. Jurnal Elemen, 3(2). https://doi.org/10.29408/jel.v3i2.342
Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 4(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.85
Mahfudzoh, S. (2011). Pengaruh Integrasi Islam dan Sains Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Mulyana R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 28(3).
Nata, A. (2011). Studi Islam Komprehensif. In Mentari (Issue Vol 12, No 1 (2009)).
Nihayati. (2017). Integrasi nilai-nilai islam dengan materi himpunan (kajian terhadap ayat-ayat al- qur’an). Jurnal Edumath, 3(1).
Nurdinah Hanifah. (2016). Sosiologi Pendidikan. Bandung: UPI Press.
Nursupiamin, N. (2018). Konsep Ortogonalitas dalam Al-Quran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.96
Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 3(3). https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11727
Rusdiyanto, R. (2018). Integrasi Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Lembaga Pendidikan Di Indonesia. Journal TA’LIMUNA, 7(1). https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.145
Safitri, W. Y., Haryanto, H., & Rofiki, I. (2020). Integrasi Matematika, Nilai-Nilai Keislaman, dan Teknologi: Fenomena di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Tadris Matematika, 3(1). https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.89-104
Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2). https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717
Suryana T, Af, A.,dkk. (1996). Pendidikan Agama Islam: untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Tiga Mutiara
Tahir, M. T. (2021). Integrasi agama dalam pembelajaran sains di Madrasah. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01). https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.151
Tijah, M. (2019). Model Integrasi Matematika Dengan Nilai-Nilai Islam Dan Kearifan Lokal Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.
Ventini, M., Hartati, H., & Sukardjo, M. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Sikap Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Jakarta Timur. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2). https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8630
W, K. (2016). Implementasi Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Brebes. Dialetika Pendidikan Matematika, 3(2).
Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2).
Yustinaningrum, B., Lubis, N. A., Gradini, E., Firmansyah, F., & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 3 Aceh Tengah. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1031
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muh. Fitrah, Dedi Kusnadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.