EFEKTIVITAS E-MODUL TRIGONOMETRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X DI SMAN 5 KOTA SERANG
Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian R&D ini bertujuan untuk mengembangkan suatu perangkat e-learning untuk materi trigonometri. Media pembelajaran yang akan dikembangkan adalah modul trigonometri elektronik yang merupakan salah satu materi pendidikan yang dapat digunakan dimana saja dengan menggunakan teknologi yang ada. Penelitian ini8akan dilakukan pada7siswa SMA kelas X IPS 1, Kelas X IPA 2 dan 3 di SMAN 5 Kota Serang. Metode pada  epenelitian kali ini  yanggdigunakannadalah R&D dengan model pengembangan ADDIE yanggterdiri dari 5 tahap, yaituu1)aanalisis, 2) pperancangan, 3) pengembangan, 4) implementasiddan 5) evaluasi. Hasil penelitian pengembangan modul media elektronik ini masih harus melakuakan beberapa tahap uji untuk dapat digunakan serta melakukan beberapa pengembangan yang akan terus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengembangan dalam pembuatan e-modul Trigonometri serta dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci: E-modul, Trigonometri, dan kemampuan pemahaman konsep.
Â
Â
ABSTRACT
This R&D research aims to develop an e-learning tool for trigonometry material. The learning media that will be developed is an electronic trigonometry module which is one of the educational materials that can be used anywhere using existing technology. This research will be conducted on high school students of class X IPS 1, class X IPA 2 and 3 at SMAN 5 Serang City. The research method used is R&D with the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation and 5) evaluation. The results of the research on the development of this electronic media module still have to go through several test stages to be used and carry out several developments that will continue to be carried out. This study aims to determine the extent of development in the manufacture of e-modules in Trigonometry as well as in improving students' conceptual understanding skills.
Keywords: E-module, Trigonometry, and ability to understand concepts.
Full Text:
PDFReferences
Angraini, N., & Masykur, R. (2018). Modul Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pokok Trigonometri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 217. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2558
Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-Modul Berbasis Android. Mimbar Ilmu, 26(3), 476. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39008
Fitri, A., Netriwati, N., & Andriani, S. (2021). Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492
Heswari, S., & Dwi Patri, S. F. (2021). Efektifitas Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.416
Informatika, J. V. (2021). (jurnal vokasi informatika). 1(1), 1–4.
Indrasvari, M., Harahap, R.D., Harahap, Dahrul. (2021). Analysis of the Impact of Smartphone Use on Adolescent Social Interactions During COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan SCIENCE Journal of Research in Science Education http://jppscience.unram.ac.id/index.php/jppscience/index.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 308. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Meliana, W. (2020). Pengembangan E-Modul Format EPUB untuk Pembelajaran Matematika Kelas X pada Materi Trigonometri. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3778
Mutmainah, M., Aunurrahman, A., & Waneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631.
Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 15. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3375
Nuraisyah, S., Harahap, R.D., Harahap, Aman. (2021). Analysis of Internet Media Use of Student Biology Learning Interest During COVID-19. JPPIPA7(2) (2021) Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Journal of Research in Science Education http://jppscience.unram.ac.id/index.php/jppipa/index
Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186–191.
Permana*, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36–47. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.18372
Puspita*, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334
Rahmah, N., Matematika, J. P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2020). Pengembangan Modul pada Materi Trigonometri dengan Strategi Konflik Kognitif.
Setiawan, W., Hakim, L. F. N., & Filiestianto, G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Animasi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(2), 435–444. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.435-444
Sormin, M. A., & Nurasahara, N. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 41. https://doi.org/10.31604/eksakta.v4i1.41-48
Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275
Wati, E., Harahap, R.D., Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nila Nurjanah, Dewi Surani, Lia Riani, Cevi Nugraha, Ela Oktapiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.