PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA PADA HUKUM KE NOL TERMODINAMIKA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amalia Sari, R., Surbakti, A., & Hasnunidah, N. (2020). Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Inkuiri Bebas yang Dimodifikasi terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 1–10.
Bouty, E. (1896). A. EBELING et G. SCHMIDT. - Ueber magnetische Ungleichmässigkeit und das Ausglühen von Eisen und Stahl (Sur le défaut d’homogénéité magnétique et sur le recuit du fer et de l’acier). Wied. Ann., t. LVIII, p. 330; 1896. A. EBELING. - Prüfung der magnetischen Homogenität von Eisen und Stahlstä ben mittels der electrischen Leitungsfähigkeit (Essai de l’homogénéité magnétique de barreaux de fer et d’acier, au moyen de la conductibilité électrique). Ibid., p. 342. J. Phys. Theor. Appl., 5(1), 423–424. https://doi.org/10.1051/jphystap:018960050042301
Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Diani, R., Julia, O. N., & Rahayu, M. (2018). Efektivitas Model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Concept Mapping Skill Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2801
Fatwa, M. W., Harjono, A., & Jamaluddin, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Dan Penguasaan Konsep Sains Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 121–130. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.572
HAYATI, Z. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS MEDIA VIDEO DI SMAN 1 KOTA TANJUNGBALAI [Masters, Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/36730/
Hikmawati, N., Sutrio, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembekalan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 92–100. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.335
Iqbal, A. M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Hukum Termodinamika Berbasis Alat Peraga Sederhana (Stirling Engine) terhadap Tingkat Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Parepare [Diploma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16392/
Jaya, I. (2010). Statistik penelitian untuk pendidikan. Citapustaka media Perintis. http://repository.uinsu.ac.id/1941/
Mahayana, I. M. A. (2021). DINAMIKA BAHASA TABU DI DESA TENGANAN PEGRINGSINGAN: SEBUAH DESA WISATA DI BALI TIMUR. Pustaka Larasan. http://repository.warmadewa.ac.id/id/eprint/1433/
RUSIDA, H. (2015, September 12). ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DI MTsN SUMBERJO SANANKULON BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015 [Skripsi]. IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/2226/
Sanjaya, A. (2014). PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. https://doi.org/10/S_PGSD_1003275_bibliography.pdf
Saragih, S. (2015). Aplikasi SPSS Dalam Statistik Penelitian Pendidikan, Ed.Rev, Cet.2 (Medan). Perdana Publishing. //www.portaluniversitasquality.ac.id/perpus/index.php?p=show_detail&id=6070&keywords=
Sholihan, M. I. W., Maridi, M., Ariyanto, J., & Setyanti, I. (2017). Inkuiri Terbimbing Sebagai Cara Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X MIA SMA. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i1.8476
Sugiyono;, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung). Alfabeta. //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43
Suwandari, P. K., Taufik, M., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 82. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.541
Understanding Physics by Robin Millar (Paperback, 1989) for sale online. (n.d.). EBay. Retrieved December 30, 2021, from https://www.ebay.co.uk/p/91684474
widadah eva (2017) efektifitas model pembelajaran inkuiry terbimbing (guided inquiry) terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa di sekolah menengah atas. Universitas islam madura
YUAN PUSPITA HARNUM, 125040020. (2016). PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIVARIASI DENGAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP SISTEM PEREDARAB DARAH [Other, FKIP UNPAS]. http://repository.unpas.ac.id/12528/
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2782
Refbacks
Copyright (c) 2022 Herman Jufri Andi, Rohmah Maghfirotur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.