PENINGKATAN MINAT SISWA DALAM MAPEL GEOGRAFI DAN PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 X KOTO SINGKARAK

yatul azizah, Armi Febriani, Silviya Chaniago, Merika Setiawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas X1 (Minat), X2 (Peran Guru), dan variabel penghambat (Motivasi). Dalam peningkatan minat siswa dalam mapel geografi dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 X Koto Singkarak. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Menurut Sugiono (2017:8) metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang didasarkan pada filsafat positivisme, yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis kuantitatif bersifat/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dimana data yang didapatkan melalui observasi, angket atau kuesioner dan dokumentas.Hasil penelitian ini menggunakan uji koefisien korelasi korelasional hasilnya menunjukkan bahwa F hitung (45,51)> dari T tabel (3,47) yang artinya Ho ditolak karena F hitung> dari T tabel, maka Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara X1,X2, dan Y memiliki hubungan yang signifikan, dalam peningkatan minat siswa dalam mapel geografi yang ditentukan oleh minat siswa itu sendiri serta adanya dorongan dari guru dan motivasi yang diberikan kepada siswa dalam mapel geografi.


Full Text:

PDF

References


Geografi, Pelajaran, Di Kelas, and Matematika Ilmu. 2019. “Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Optimization of the ARCS Model in Scientific Learning to Improve Learning Motivation of Students in Specialization in Geography in M.†1(1): 7–24

Inovasi, Jurnal, Karya Ilmiah, and Guru Vol. 2021. “No Title.†1(1).

Kooperatif, Pembelajaran. 2020. “KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI I MAUMERE.†01(11): 46–53.

Kurniawa, Andri. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lah Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan.†13(1): 1–13.

Pelajar, Pencapaian, Pelajaran Geografi, Sekolah Menengah, and Sabah Analisis Awal. 2017. “Sains Humanika.†2: 1–7.

Sma, D I, Negeri Baras, and Kecamatan Baras. 2020. “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI.†17(1): 33–41.

Xi, Kelas, I P S Sma, Negeri Kuta, and Kabupaten Badung. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan.†5: 1–11




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 yatul azizah, Armi Febriani, Silviya Chaniago, Merika Setiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)