UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI CRI (CERTAINLY OF RESPONSE INDEX) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 SD NEGERI 007 RAMBAH

Irmi Ningsih, Rosma Nida, Rinja Efendi, Linda Afrianti, Meri Yanti, Esi Delfa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, sebagaimana masih banyak siswa yang tidak dapat mencapai KKM yakni 75, dari 21 siswa hanya 7 siswa atau 35% yang tuntas, selebihnya tidak tuntas. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Certainly of Response Index (CRI) pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 007 Rambah. Jenis penelitian yakni PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan jumlah subjek yakni 21 orang kelas III SD Negeri 007 Rambah. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan Certainly of Response Index (CRI) mengalami peningkatan dibandingkan sebelum tindakan. Dimana sebelum dilakukan tindakan menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa hanya mencapai 6 orang atau 28% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan siklus I melalui Certainly of Response Index (CRI) angka tersebut meningkat memperoleh ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 10 orang atau 47% dengan kategori cukup, kemudian meningkat lagi setelah dilakukan tindakan pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 20 orang atau 95%. Hasil ini telah menunjukan keberhasilan dalam penerapan Certainly of Response Index (CRI) dalam meningkatkan hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2012. Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta Etin Solihatin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara Kunandar. 2014. Guru Profesional . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Perss

Munawaroh, F., & Falahi, M. D. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SDN Kemayoran I Bangkalan pada Konsep Cahaya Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Pena Sains Vol, 3(1), 69-76

Ngalim Purwanto. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Pupuh Faturahman dan Sobry. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Redika Aditama

Slameto, 2014. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka cipta

Slavin, Robert E. 2012. Cooperative learning Theori Reseach and Practice. Boston: Allyn and Bacod Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta

Tulus Tu’u. 2014. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irmi Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)