THE EFFECT OF COOPERATIVE DISCOVERY LEARNING MODEL ASSISTED BY LEARNING VIDEO ON STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITY

Irwan Febryan, I Made Aditya Dharma, Made Padmarani Sudewiputri, Ni Made Ignityas Prima Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah pengantar Pendidikan. setelah disampaikan model discovery learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain the non equivalentcontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester 1 universitas Triatma Mulya tahun akademik 2022/2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. analisis data Dalam penelitian ini menggunakan uji-t yang dianalisis menggunakan spss versi 16. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan soal pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran Terdapat pengaruh yang signifikan dalam matakuliah pengantar Pendidikan menggunakan model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran. Hal Ini Terlihat Dari Hasil Uji Independentsample T-test Yang Menunjukkan Nilai Sig. (2-tailed) Kurang Dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. . S., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428

Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456

Aryani, Y. D., & Wasitohadi, W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Muatan Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Diponegoro. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 34–40. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3221

Bahtiar, B., Maimun, M., & Baiq Lily Anggriani W. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 134–142. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564

Damayanti, A., & Setyaningsih, M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5653–5660. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3282

Faan, E. M., Yulianto, A., & Asrul, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.832

Hidayat, K., Sapriya, S., Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Hybrid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517–1528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2265

Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 42–57. http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/187%0Ahttps://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/download/187/98

Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255–264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1825

Keguruan, F., Sma, F. S., Romlah, S. A., & Andi, H. J. (2021). Refrensi Artikel Baru Modul 14. 8(2), 1–5.

Mustofa, Z. (2019). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan E-Learning Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Tentang Konsentrasi Larutan Dan Aplikasinya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 14–29. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p14--29

Oktavioni, W., Chan, F., & Turrohmah, L. (2020). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Discovery Learning. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 109–123. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz

Pebrian, I., & Fitria, Y. (2022). Model Discovery Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Gaya dan Energi pada Pembelajaran Sains Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4979–4986. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2966

Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Phet Simulations terhadap Hasil Belajar Siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 1–16.

Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877

Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1026

Wahyuni, E. D., & Prasetyo, R. N. (2022). Pengembangan Buku Ajar Pengantar Pendidikan Dengan Muatan Nilai Islam. Piwulang: Jurnal …, 4(2), 100–114. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/966%0Ahttps://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/download/966/474

Widiasih, N. P. A. (2020). Pengaruh model discovery learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity dan hasil belajar ipa siswa kelas iv sd negeri gugus ra kartini …. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar …, 4(2), 34–41. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3318%0Ahttps://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/3318/1781

Yuliani, F., Herman, & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irwan Febryan, I Made Aditya Dharma, Made Padmarani Sudewiputri, Ni Made Ignityas Prima Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)