LITERATURE STUDY: IMPLEMENTATION OF CHEMISTRY LEARNING USING BLENDED LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS' HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

Badrus Syamsi, Ade Suryanda

Abstract


This study aims to determine the effect of implementing chemistry learning using the blended learning model in increasing student HOTS. The method used in this research is literature study. The data collection technique used, namely collecting data by finding sources and creating them through primary sources such as books, journals and existing research. The results showed that learning chemistry using a blended learning model could increase students' HOTS. Chemistry learning using a blended learning model can shape students to study individually either in groups, face to face, or online, and to solve problems, identify, interpret, and communicate learning outcomes.

Keywords: Blended learning, HOTS, Chemistry Learning

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran kimia menggunakan model blended learning dalam meningkatkan HOTS siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu mengumpulkan data dengan cara mencari sumber dan mengkreasikannya melalui sumber primer seperti buku, jurnal dan penelitian yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia menggunakan model blended learning dapat meningkatkan HOTS siswa. pembelajaran kimia menggunakan model blended learning dapat membentuk siswa untuk belajar secara individu baik dalam kelompok, tatap muka, atau online, dan untuk memecahkan masalah, mengidentifikasi, menginterpretasikan, dan mengkomunikasikan hasil belajar.

Kata Kunci: Blended learning, HOTS, Pembelajaran Kimia


Full Text:

PDF

References


Afdhila, R., Nazar, M., Hanum, L. 2017. Penerapan Pembelajaran Blended Learning pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3): 165-172

Ariesca, Y. dkk. 2021. Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online di SDN Se-Kecamatan Maluk. Progres Pendiidkan, 2(1): 20-25

Arizaga, M. P. G. dkk. 2016. How Does Science Learning Occur in the Classroom? Students’ Perceptions of Science Instruction During the Implementation of the REAPS Model. Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3): 431-455

Astriyanti, G., Susilaningsih, E., Supartono. 2017. Model Blended Learning Berbasis Task dengan Penilaian Jurnal Belajar Terkait Pencapaian Kompetensi Dasar. Chemistry in Education, 6(1): 15-19.

Hendra, Siagian, S. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 1(1): 87-97

Ikhwani. 2017. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMAN 4 Langsa. Jurnal Penelitian Sosial Agama, 2(1): 45-72.

Mahardika, W. A., Tiwow, V. M., Suherman. 2019. Penerapan Blended Learning Berbasis Moodle Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Poso. Jurnal Akademika Kimia, 8(3): 167-172

Manggabarani, A. F., Sugiarti, Masri, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo. Jurnal Chemica, 17(2): 83-93

Masitoh, S. N., dkk. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Melalui Media Whatsapp dalam Menumbuhkan Critical Thinking Pada Siswa SD. Prosiding FKIP, 115-120

Panambaian, T. 2020. Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. Analytica Islamica, 22 (1): 52-68.

Paramita, D., Irhasyuarna, Y., Sholahuddin, A. 2017. Penerapan Strategi Blended Learning dan Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Journal of Chemistry and Education, 1(2): 178-186

Rahmansyah, Irhasyuarna, Y. 2016. Implementasi Model Blended Learning Terhadap Keterampilan Generik Pemodelan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1): 74-82

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Safitri, I., & Hasibuan, lily R. (2018a). Pembelajaran Analogi Pada Konsep Vektor Untuk Membentuk Sikap Dan Moral Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara. Simposium Fisika Nasional, 240–249.

Safitri, I., & Hasibuan, lily R. (2018b). The Character Education Through Analogy Learning Implementation on Vector Concepts. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 75–82. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.04204

Saputra, A., Harahap RD. (2022). An Analysis of Student Learning Challenges in Elementary School Science Subject. Jurnal Kependidikan. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4508

Safitri, I., Pasaribu, R., Simamora, S. S., & Lubis, K. (2019). The effectiveness of android application as a student aid tool in understanding physics project assignments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.19433

Riwayani, S., Harahap RD. (2022). Does Blended Learning Improve Student’s Learning Independence during the Covid-19 Pandemic? Evidence from a Labuhanbatu University, North Sumatera. Jurnal Kependidikan. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4509

Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, Nadila, N., & Anggriani, I. (2020). systematic literature review: implementasi pendekatan stem (manfaat dan tantangan) di indonesia. Jurnal Histogram, 4(2), 355–371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682

Sandi, G. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45 (3): 241-251.

Susatyo, E.B., Damanik, Y.F. Pengembangan E-Laboratory Instruction Model Guided Inquiry Berbasis Blended Learning Pada Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1): 2754-2763

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., Gunawan. 2019. Analsis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar MIPA, 14(3): 35-140.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Badrus Syamsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)