THE ROLE OF THE MADRASAH HEAD IN STUDENT ACHIEVEMENT AT MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MATARAM

Nazar Amrullah, Suyud Suyud, Dwi Esti Andriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengkaji dampak kepala madrasah terhadap keberhasilan siswa baik dalam ranah akademik maupun non-akademik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram. Selanjutnya, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan mengkaji unsur-unsur yang mendukung maupun menghambat fungsi tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram. Sumber data adalah kepala madrasah dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, dan program keagamaan, pengawas olimpiade, pendidik, siswa, dan siswa AM. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan siswa baik dalam ranah akademik maupun non-akademik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram. Peran ini memiliki banyak sisi, meliputi peran EMASLIM IKIEF (Pendidik, Manajer, Administrator, Supervisor, Pemimpin, Inovator, Motivator, Pembicara, Komunikator, Evaluator, dan Fasilitator). Elemen kunci yang berkontribusi terhadap keberhasilan siswa baik dalam ranah akademis maupun nonakademis meliputi keterlibatan aktif staf pengajar dalam membimbing dan membina siswa, antusiasme dan pola pikir mereka yang tinggi, serta motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam semua kegiatan dan kompetisi. Selain itu, kepala sekolah memiliki prinsip-prinsip yang kuat. Madrasah ini telah mencapai kemahiran dalam media sosial, merupakan madrasah terdepan di Indonesia, menawarkan fasilitas yang lengkap, mentor, dan pelatih untuk olimpiade eksternal, pelatihan untuk staf pengajar, penyediaan materi matrikulasi untuk siswa baru, manajemen pembinaan olimpiade yang efektif, dan memberikan masukan dan bimbingan motivasi dari kepala sekolah, staf pengajar, dan orang tua kepada siswa. Selain itu, hambatan terhadap keberhasilan siswa baik dalam ranah akademis maupun nonakademis meliputi perlunya pendanaan yang tepat untuk kompetisi yang menarik sejumlah besar peserta. Akan tetapi, madrasah tidak mampu membiayainya secara penuh, hanya menyediakan sebagian dana. Tidak semua orang tua mengizinkan anak-anaknya untuk mengikuti perlombaan, terutama karena mereka lebih suka berkonsentrasi pada kemajuan akademis saja. Beberapa siswa perlu lebih konsisten dalam mengikuti proses seleksi, kurang bimbingan dari para profesor, dan terlibat konflik dengan jadwal untuk mengakses fasilitas dan infrastruktur.


Keywords


Role, Madrasah Head, Achievement, Learners

Full Text:

PDF

References


Adha, W. A., & Fadhila, S. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 50-59. https://doi.org/10.33507/ibtida.v3i1.1121

Akmalia, R., Syahkila, A., Situmorang, M. S., Dahyanti, N., Harahap, T. S. A., & Ramadhan, S. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Lembaga Pendidikan Islam di MTs Al-Jihad Medan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 411-418. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.832

Al Idrus, S. A. J. (2017). Model Strategi Kemitraan pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAN 2 Mataram). Palapa, 5(2), 20-37. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.44

Ambarwati, N. R., Darmiyati, D., & Syaifuddin, A. R. (2024). Kontribusi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 217-226. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.717

Amin, M. A. S. (2022). Perilaku Komunikasi Dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 511-519. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2256

Andriani, D., & Dafit, F. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Impelementasi Kurikulum Merdeka. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 390-398. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.876

Anggal, N. (2024). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Religius di Lingkungan Sekolah Katolik: Peran Kepala Sekolah sebagai Inspirator, Motivator, dan Komunikator. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 3(1), 33-42. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/207

Anshar, M. (2022). Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2095-2103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8507

Apdila, M. N. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 73-84. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.90

Arfin, A., & Anggraeni, L. D. (2017). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1). http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1552

Arista, H., Mariani, A., Sartika, D., & Murni, D. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Input, Proses dan Output). Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 38-52. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.13

Creswell., John W. 2016. Research Design: Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daulay, N. (2024). Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Konflik Di MAN 3 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35105

Dianty, C. (2024). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Ma Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan. Unisan Jurnal, 3(8), 373-381. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/3297

Elmanisar, V., Utami, B. Y., Gistituati, N., & Anisah, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Adaptif Kepala Sekolah untuk Keberhasilan di Era Disrupsi. Journal of Education Research, 5(2), 2239-2246. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1139

Fathon, Z., Eko Supriyanto, M. H., & Badaruddin, M. A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SD Muhammadiyah Sukorejo Kendal Tahun 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81530

Febriani, S., Karim, H. A., & Azmi, F. (2024). Manajemen Dana Bos dalam Meningkatkan Prestasi Bidang Akademik dan Non Akademik Siswa di SMPN 4 Bukittinggi. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(3), 334-345. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i3.16707

Fitri, Z. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Educator Dan Manager Di Tkit Qurrata ‘Ayun Bengkulu Selatan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(3), 129-135. https://doi.org/10.33369/mapen.v14i3.12930

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(1), 64-77. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100

Hadijaya, Y. (2020). Budaya Organisasi (1st ed.). Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Hartinah, S., Arbaini, W., Arsil, A., & Hamengkubuwono, H. (2020). Kepala Sekolah Sebagai Motivator: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di MTs N 01 Kepahiang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 217-233. http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i2.839

Hartono, S., & Achmad, H. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Samarinda. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.37758/jat.v4i2.336

Heriyanto, T., Ismail, I., & Muadin, A. (2024). Strategi Efektif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 22-30. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1698

Hidayah, N. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK Islam Al-Hidayah Wonowoso Karang Tengah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Unisnu Jepara). http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1473

Hidayati, S., & Nurgiansah, T. H. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Prestasi Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(1), 5-9. 10.57235/jleb.v1i1.801

Julaiha, S. (2024). Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Generasi Mandiri Serta Berakhlakul Karimah di Smp IT Atsaqibiyah Dan MTs Alikhlas Kota Bontang. Jurnal Pemasaran Bisnis, 6(3). https://journalpedia.com/1/index.php/jpb/article/view/2846

Karwanto, E. M. Q. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Inspirasi Manejemen Pendidikan, 8(3), 271-284. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/35621

Komara, E., Mulyanto, A., Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Suganda, A. S. A. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1552-1558. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194

Komarelkhat, K. (2020). Peran Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Perspektif : Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam, 13(02), Article 02. https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/perspektif/article/ view/4478

Maheswara, D. S. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://core.ac.uk/download/pdf/539837631.pdf

Maulidah, N. U. (2024). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Yang Berbasis IT di MA Al-Muhtadi Sendangagung. Jes Journal Education and Supervision, 1(2), 128-137. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/Jes/article/view/1009

Mohamad Muspawi, “Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20, no. 2 2020, hlm.9, https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V20I2.938.

Najah, N., & Syukri, M. (2024). Peranan Dan Fungsi Kepala Madrasah Sebagai Pemimpin Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ikhwanul Muslimin Tembung Ii. SKILLS: Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1-11. https://doi.org/10.47498/skills.v3i1.3312

Natalia, Y., Murtafiah, N. H., & Hidayat, R. (2024). Implementasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. UNISAN JURNAL, 3(5), 403-410. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2561

Natalia, Y., Murtafiah, N. H., & Hidayat, R. (2024). Implementasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. UNISAN JURNAL, 3(5), 403-410. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2561

Nurhaedah, A., & Kadir, S. (2024). Motivasi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 4(01), 1-15. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i01.5007

Nurlena, N. (2020). Tugas dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 24-32. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2117

Pujiastuti, E. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Manusia Guru Bagi Pencapaian Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8348-8353. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3467662

Purba, M. R. A., Halimah, S., Salminawati, S., & Sakdah, M. S. (2023). Analisis Kurikulum Diniyah Al-Washliyah di Madrasah Aliyah Al-Qismu ‘Aliy Medan. Instructional Development Journal, 6(2), 137-148. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.26411

Putra, J. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 347-355. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3773

Putri, L. A., Nurdiana, Y., & Fathoni, T. (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan Visioner Dalam Pengembangan Pendidikan. Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration, 2(04), 8-14. https://edujavare.com/index.php/TLS/article/view/448

Rahmadani, W., Kesuma, S. P., & Andriani, O. (2024). Peran Kepemimpinan Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Terintegritas. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(1), 118-127. https://doi.org/10.51903/education.v4i1.463

Rambe, H., & Fadhli, M. (2024). Peran Kepala Sekolah dan Guru Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Minat Bakat Siswa. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 299-312. https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i2.689

Raudatus, Hady, M., Ary, A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. 2(2), 125–131. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema

Ria, H. Z., & Mukhibat, M. (2020). Strategi Diferensiasi Dalam Pengembangan Madrasah Inspiratif di MAN 2 Ponorogo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 175-188. https://doi.org/10.62775/edukasia.v1i2.16

Rifa’i, A., & Anni. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK Universitas Negeri Semarang.

Rifa’i, M., & Ananda, R. (2022). Kepemimpinan Pendidikan (Bahan Ajar Berbasis Riset Pengembangan) (1st ed.). Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Rifa’i, M., & Ananda, R. (2022). Kepemimpinan Pendidikan (Bahan Ajar Berbasis Riset Pengembangan) (1st ed.). Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Riyanto, S., Maufur, M., & Nasukha, M. (2024). Peran Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Se Bumijawa. Journal of Education Research, 5(1), 831-841. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.863

Roziqin, M. K., & Abidin, M. R. Z. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum KMA Nomor 183 dan Nomor 184 Tahun 2019 di Madrasah Aliyah Al-Anwar Paculgowang Diwek Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(2), 37-40. https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/502

Roziqin, M. K., & Abidin, M. R. Z. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum KMA Nomor 183 dan Nomor 184 Tahun 2019 di Madrasah Aliyah Al-Anwar Paculgowang Diwek Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(2), 37-40. https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/502

Roziqin, M. K., & Hotima, N. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum KMA Nomor 183 dan Nomor 184 Tahun 2019 di MTsN 3 Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(3), 9-14. http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/697

Rumasukun, N. A. M. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong). Jurnal Papeda; Vol. 6, No.1, Januari 2024 ISSN 2715-5110

Sabariah, S., Rahmah, N., Atiqoh, A., Gunawan, W., Rahmi, A., & Danu, R. (2024). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5030-5036. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27582

Sahrodin. (2024). Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Narasikan. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 3(3), Article 3. https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/272

Saryati, & Sakban, A. (2020). Fungsi Controlling dan Evaluasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Lembar Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 08(02), 139 – 147. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2980

Selian, S. N., & Restya, W. P. D. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Mengatasi Bullying di Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 531-539. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.751

Setyaningsih, K., Ibrahim, I., & Devi, F. (2022). Strategi Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa di MA An-Nur Tebing Suluh Kec. Lempuing. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(3), 198-211. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.1304

Siahaan, A., Fitri, A., Harahap, F. A., Hidayatullah, T. Y., & Akmalia, R. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3689-3695. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11600

Siahaan, A., Fitri, A., Harahap, F. A., Hidayatullah, T. Y., & Akmalia, R. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3689-3695. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11600

Siahaan, A., Neliwati, N., & Fadla, S. L. (2024). Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Organisasi di MTs ‘Aisyiyah Sumatera Utara. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 265-282. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1465

Solana, M. R., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406-418. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.231

Sumiati, E. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal: Etnografi Pada Masyarakat Adat Kampung Cireundeu Kota Cimahi. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu

Surani, S., Saputri, A., & Mustamin, M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara. Education and Learning Journal, 3(1), 45-52. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v3i1.139

Suraya, S., Haeril, H., & Kasman, K. (2021). Peran Kepemimpinan Perempuan (Studi Pada Kepemimpinan Ibu Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bima). Yume: Journal Of Management, 4(1). https://Doi.Org/10.37531/Yum.V4i1.874

Watini, W. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pembelajaran Dalam Mewujdukan Tujuan Lembaga Ma’had Al Jamiah Al-Islamiyah Iain Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3461

Yuliarti, N., & Sasongko, R. N. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 17(01), 45 – 50. https://doi.org/10.33369/mapen.v17i1.29616

Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92-104. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v11i3.6525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nazar Amrullah, Suyud Suyud, Dwi Esti Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)