PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN RANAH KOGNITIF, AFEKTI DAN FISIKOMOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAS DARU FALAH LANGGA PAYUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas X MAS Darul Falah (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif siswa kelas X MAS Darul Falah, (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah psikomotorik siswa kelas X MAS Darul Falah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAS Darul Falah. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X-1 (kelas eksperimen) dan kelas X-3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model Problem Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa biologi pada ranah kognitif, afekti dan fisikomotor
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v4i1.806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Zunaidy Abdullah Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)