UJI STRESS TEST MELALUI PENURUNAN SALINITAS BERBEDA UNTUK MENENTUKAN KUALITAS BENUR UDANG WINDU (Penaeus monodon Fabricius,1979)

Khairul Khairul Khairul

Abstract


Benur udang windu yang berkualitas baik tentunya akan meningkatkan kelulusan hidup udang yang akan dipelihara di dalam media budidaya dan tentunya akan meningkatkan hasil produksi. Namun pada saat sekarang ini sangat sulit mendapatkan benur udang yang kualitas baik. Udang yang dipelihara pembudidaya sangat tinggi tingkat kematiannya. Perlu dilakukan suatu cara yang paling sederhana untuk menentukan kualitas benur udang windu itu baik atau tidak, oleh sebab itu perlu dilakukaan uji stress test sebelum membeli benur. Melalui hasil penelitian ini nantinya para pembudidaya pembesaran udang windu bisa mengaplikasikan cara tersebut sebelum membeli benur yang akan mereka pelihara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas benur udang windu melalui uji stress test dengan melakukan penurunan salinitas secara mendadak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan 4 taraf perlakuan dan diberi masing-masing 3 ulangan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan kelulusan hidup tertinggi pada perlakuan A sebesar 93%, diikuti perlakuan B sebesar 81%, dan perlakuan C sebesar 71% sedangkan yang terendah pada perlakuan A sebesar 55%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka perlakuan A layak dijadikan pedoman untuk melakukan uji stres test sebelum membeli benur. Tingkat kelulusan hidup di atas 55% pada perlakuan A dikatakan cukup tinggi, hal ini menunjukan bahwa benur udang yang telah diuji mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap tekanan osmotik yang terjadi di lingkungannya tersebut.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v5i2.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khairul Khairul Khairul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)