PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009

Novi Fitriandika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran mana yang baik digunakan antara Quantum Teaching dengan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada sub materi pokok Sistem Respirasi pada Manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11-30 Agustus 2008, tempat penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Medan Putri di Jl. Timor Ujung No. 5 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas, dengan sampel sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara Total Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan tes berupa soal tentang Sistem Respirasi pada Manusia. Evaluasi dilakukan dengan memberikan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada sub materi pokok Sistem Respirasi pada Manusia di kelas XI SMA Swasta Medan Putri Tahun Pembelajaran 2008/2009 diperoleh nilai rata-rata x = 7,62 dengan Standart Deviasi = 1,15. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada sub materi pokok Sistem Respirasi pada Manusia di kelas XI SMA Swasta Medan Putri Tahun Pembelajaran 2008/2009 diperoleh nilai rata-rata x = 6,30 dengan Standart Deviasi = 1,55. Dengan demikian hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada sub materi pokok Sistem Respirasi pada Manusia di kelas XI SMA Swasta Medan Putri Tahun Pembelajaran 2008/2009 yang dapat digambarkan dari hasil hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 4,4 > 1,994 sehingga dapat disimpulkan Hipotesis Ho ditolak dan Hipotesis Ha diterima artinya, ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) di kelas XI SMA Swasta Medan Putri tahun Pembelajaran 2008/2009.
Kata Kunci:



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v4i2.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Novi Fitriandika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)