PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DAN KINERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SMK SWASTA SITI BANUN RANTAUPRAPAT

Khairul Anwar

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh implementasi manajemen kurikulum dan kinerja guru terhadap mutu lulusan di SMK Swasta siti Banun Rantauprapat. Penelitian ini menerapkan metode explanatory survey. Objek pnelitian ini adalah SMK Swasta Siti Banun Rantuprapat. Populasi dan sampel adalah seluruh Guru dan pegawai tata usaha SMK siti Banun Rantauprapat yang berjumlah 80 orang. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa: 1) ditemukan pengaruh signifikan dari implementasi manajemen kurikulum terhadap peningkatan mutu lulusan di SMK siti Banun Rantuprapat dengan fhitung  0.059 > Pvalue 0,021. 2) ditemukan pengaruh  signifikan dari kinerja Guru terhadap peningkatan mutu lulusan di SMK Siti Banun Rantauprapat di buktikan dengan nilai fhitung  0.989 > Pvalue 0,021.dan 3) terlihat pengaruh signifikan dari implementasi manajemen kurikulum dan kinerja guru secara bersamaan terhadap penigkatan mutu lulusan di SMK Siti Banun Rantauprapat Hal ini berdasarkan hasil analisis data yang menunjukkan nilai fhitung  0.989 > Pvalue 0,021.

 

Kata Kunci: Implamentasi Manajemen Kurikulum, Kinerja Guru, Mutu Lulusan


Full Text:

PDF

References


Albrow, Martin. 1989. Birokrasi (terjemahan Rusli Karim). Yogyakarta: Grafiti.

Asmi E, dan Sahuri, C. Pelayanan Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidik. Jurnal Kebijakan Publik, 4(1). hlm. 51.

Boediono, dan Koster, W. 2004. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fadhilah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

George, E.C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC: Conressional Quarterly Press.

Hamalik, O. 1991. Pendidikan Pendidik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasbullah. 2005. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Islamy, dan Irfan, M. 2004. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:Yrama Widya.

Kurniasih, I, dan Sani, B. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Jakarta: Kata Pena.

Mufidah, L. 2009. Aktualisasi TQM dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tadris, 4(1). hlm. 91.

Muhaimin, dkk. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum. Jakarta: Kata Pena.

Osborne, dan Gaebler, T. 1999. Mewirausahakan Birokrasi. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Presindo.

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta:Rajawali Press.

Sallis, E. 2012. Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan, terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Cet. XVI, Jogjakarta: IRCiSoD.

Suharsono. 2003. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: PT. Ombak.

Undang-undang SISDIKNAS No. 20 Th. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Uwes, S. 1999. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Wylie, P, dan Grothe, M. 1997. Karyawan Bermasalah, Kiat Meningkatkan Kinerja Mereka. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i2.1399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.