PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG MIE REBUS PAK JAMBANG AEK NABARA

Raja Saul Marto Hendry, Daslan Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh brand image, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Warung Mie Rebus Pak Jambang Aek Nabara, baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan yang berkunjung ke Warung Mie Rebus Pak Jambang selama waktu penelitian yang jumlahnya tidak dapat ditentukan secara pasti. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Wibiso dengan jumlah 96 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.

Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa brand image (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Warung Mie Rebus Pak Jambang Aek Nabara, dimana untuk brand image (X1) nilai thitung (8,607) > ttabel (1,66159) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan variabel harga (X2) nilai thitung (4,731) > ttabel (1,66159) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan promosi (X3) berpengaruh positif tetapi signifikan terhadap keputusan pembelian pada Warung Mie Rebus Pak Jambang Aek Nabara, dimana thitung (1,134) < ttabel (1,66159) dengan taraf signifikansi 0,260 > 0,05. Hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa brand image (X1), harga (X2), dan promosi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Warung Mie Rebus Pak Jambang Aek Nabara, dimana nilai Fhitung (60,117) > Ftabel (2,70) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel brand image, harga, dan promosi sebesar 65,1%. Sedangkan sisanya 34,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Adam. 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba”. Jurnal, Jakarta : Universitas Gunadarma.

Angiopora, Marius P. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, 2010. Brand Operation. Jakarta : Erlangga.

Hapsari, T. Niken. 2010. Seluk Beluk Promosi dan Berbisnis. Yogyakarta : A Plus Books.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT.Indeks.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua belas, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks.

_______¬¬¬___. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketigabelas. Jakarta : Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta : Erlangga.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran ; Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nurlisa. 2011. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis Merek Bango (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Komplek Villa Mutiara Johor Ii Dan Taman Johor Mas)”. Jurnal, Universitas Sumatra Utara.

Rangkuti, Fredy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta : Kencana.

Shimp, Terence A. 2007. Periklanan dan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran). Jilid I, Edisi Terjemahan. Jakarta : Erlangga.

Situmorang, Syafrizal Helmi. 2011. Bisnis Konsep dan Kasus. Medan : USU Press.

Situmorang, Syafrizal Helmi, dan Muslich Lufti. 2012. Analisis Data Untuk Manajemen dan Bisnis. Medan : USU Press.

Stanton, William J. 2007. Prinsip Pemasaran, Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit CAPS.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Swastha, Bashu dan Ibnu Sukotjo. 2010. Pengantar Bisnis. Yogyakarta : Liberty.

Tan, Erwin Rediono. 2011. “Pengaruh Faktor Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Belanja di Alfamart Surabaya”. Jurnal Kewirausahaan Volume 5 Nomor 2, Desember 2011.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa. Malang : Penerbit Bayu Media Publishing.

_______________. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Umar, Husein. 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i2.1578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.