PENGARUH KUALITAS PRODUK TOGA WISUDA TERHADAP PEMBELIAN ULANG (STUDI KASUS DI CV. CARAKA INDONESIA BANDUNG)

Estuning Dyah Muryani, Tiris Sudrartono

Abstract


CV. Caraka Indonesia, salah satu perusahaan pada bidang produksi yaitu produksi toga wisuda dan perlengkapannya. Untuk mempertahankan pelanggan supaya melakukan pembelian ulang, perusahaan selalu berusaha untuk menyediakan produk dengan kualitas yang baik. Arah dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah toga wisuda memiliki pengaruh terhadap pembelian ulang. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yakni kualitas produk (X) dan variabel terikat yakni pembelian ulang (Y). Teknik dalam penentuan sampel dibuat memakai non probability sampling untuk menyebar kuisioner kepada 46 responden. Lalu dilakukan uji statistik (uji validitas, hipotesis, koefisien determinasi, dan korelasi) dengan memakai aplikasi SPSS V25. Hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel (9,398 > 1.67866), maka uji hipotesis menghasilkan pengaruh positif pada pembelian ulang dari kualitas produk. Dari hasil output SPSS didapatkan nilai adjust R square sejumlah 0,660, dalam persen 66,0%. Hal tersebut terlihat pengaruh kualitas produk terhadap pembelian ulang di CV. Caraka Indonesia 66,0% dan lainnya 34,0% dipengaruhi variabel yang tidak diambil

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary & Philip, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Dwi Setyaningsih, E. (2007). Aplikasi Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil) dan Geraniol Dalam Pembuatan Skin Lotion Penolak Nyamuk. Journal of Agroindustrial Technology, 17(3), 97–103.

Gaspersz, V. (2008). Total Quality Control. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Haryanti, D. S. (2015). Minat Konsumen Terhadap Pembelian Ulang Produk Coca-Cola Kemasan Keluarga. 17(1), 89–95.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia (l). Jakarta: Prentice Hall.

Sari, D. G. dan D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada Pada Cv . Konveksi Cahaya 79 , Bandar Lampung ) the Efects of Product Quality on Customers Satisfactions in Establishing Costomers Loyality Cv . Konveksi Cahaya 79. 2(3), 3704–3712.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Samarinda. Psikoborneo, 8(1), 267–286.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yunus, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Lingkungan Fisik Terhadap Pembelian Ulang Pada Warung Kopi Harapan J2 Di Kota Palu. E-Jurnal Katalogis, 2(7), 1–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6901




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i1.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.