PENGARUH EFEKTIVITAS, HEDONIS, KEMANFAATAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN SHOPEEPAY: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Birtha, Arifudzaki; Soemantri, Maman; Abdian, F. (2010). Aplikasi Sistem Informasi Per Andyni, N., & Kurniasari, F. (2021). Pengaruh Literasi dan Efikasi Disi Terhadap Inklusi Keuangan pada Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Shopee Pay di Jabodetabek. Derema Jurnal Manajemen, 16(1), 128-140.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Ayru, F. D., & Ariani, K. R. (2021, October). Analisis Minat Penggunaan E-Commerce Shopee Untuk Pembelian Online Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 1, No. 7).
Ganesan, S. (1994). Determinants of long-term orientation in buyer-seller relationships. Journal of marketing, 58(2), 1-19.
Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit
Univesitas Diponegoro.
Ghozali, I, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermanto, S. B. and Patmawati, P. (2017). Determinan Penggunaan Aktual Perangkat Lunak Akuntansi Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 19(2). doi: 10.9744/jak.19.2.67-81.
Hindayaningrat, Soewarno. Pengantar Study Administrasi dan Manajemen. CV Haji Masagung. Jakarta. 1990.
Juhri, K., & Dewi, C. K. (2017). Kepercayaan dan penerimaan layanan mobile money t-cash di Bandung dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Probisnis, 10(1).
Laksana, G. B., Astuti, E. S., & Dewantara, R. Y. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko dan Persepsi Kesesuaian terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2), 1–8.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30.
Maharani, A. D., & DARMASTUTI, I. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap loyalitas nasabah tabungan bank mega semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Manurung, D. G. (2020). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Minat Pelaku Pengguna E-Money (OVO) Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. 11(1), 1–14.
Marey, D. R. E., & Purwanto, E. (2020). Model Konseptual Minat Penggunaan E-Wallet: Technology Acceptance Model (TAM). Technology Adoption: A Conceptual Framework, 31-50.
Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455-1463.
Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intention to Buy Online pattiserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26-31.
Pratiwi, A. (2017). Analisis Faktor yang Mpengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Grab Car di Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.
Putri, A. R., Ningrum, A. K., Putri, D. N., & Firmansyah, R. (2021, October). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Pada Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 1, No. 8).
Santoso, B., & Zusrony, E. (2020). Analisis Persepsi Pengguna Aplikasi Payment Berbasis Fintech Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 49-54.
Satyadharma, K. G., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Faktor Price Value, Social Influence, Hedonic Motivation, Trust, Ease Of Use Penggunaan Layanan Mobile Payment (Studi pada pengguna aplikasi ShopeePay Mahasiswa di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(5).
Sekaran, U. 2003. Research methods for business: A Skill Building Approach, 4th Edition.
John Willey & Son, Inc, New York.
Setiani, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai (Studi di Kota Purbalingga).
Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 9(2), 179-185.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) Bandung:
CV.Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistika Untik Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suwunniponth, W. (2016). Customers ‟ intention to use electronic payment system for purchasing. International Journal of Economics and Management Engineering, 10(12), 3925–3930.
Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 25-43.
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, 36(1), 157–178
Wibowo, A. (2008). Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Konferebsi Nasional Sistem Informasi.
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 54-68.
Zahra, N., & Sanaji, S. (2020). Peran Moderasi Motivasi Hedonis Pada Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Niat Penggunaan Ulang Layanan Dompet Elektronik Di Kalangan Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1).
DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i2.2711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.