PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, PELAYANAN, DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MASTER CASH & CREDIT KOTA PINANG

Siti Lam’ah Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, pelayanan, dan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Master Cash & Credit Kota Pinang sebanyak 96 orang dengan menggunakan rumus Wibisono. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa citra perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan pelayanan dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Berdasarka hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa citra perusahaan, pelayanan, dan produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra perusahaan, pelayanan, dan produk sebesar 65,1%. Sedangkan sisanya 34,9% dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Arisutha, Damartaji. 2006. Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Boyd, Walker dan Larreche. 2006. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis

dengan Orientasi Global, Edisi Kedua.Jakarta : Erlangga.

Garspersz, Vincent. 2006. Total Quality Management. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang :

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Nurlisa. 2012. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap

Keputusan Pembelian Kecap Manis Merek Bango (Studi Kasus Pada Ibu Rumah

Tangga di Komplek Villa Mutiara Johor II dan Taman Johor Mas Medan)â€. Skripsi.

Fakultas Ekonomi USU Medan.

Kertajaya, Hermawan. 2009. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Jakarta : PT. Gelora

Aksara Pratama.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan.

Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

________________________________. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Satu. Edisi

Kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Phillip, 2008. Manajemen Pemasaran Global. Jakarta : Salemba Empat.

_____________. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta :

Erlangga.

Margaretha, Farah. 2007. Kualitas Pelayanan : Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Gramedia

Pustaka.

Martul, Shadiqqin. 2006. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta : PT. Gramedia

Pustaka.

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Mowen, Jhon C dan Minor, Michael. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sebayang, Bastian. 2012. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kaum Ibu Melakukan

Pembelian di Matahari Department Store Plaza Medan Fair Medanâ€. Skripsi. Fakultas

Ekonomi USU Medan.

Setiadi, Nogroho J, 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : CAPS.

Sutojo. 2006. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta : Damar Mulia Pustaka.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3.

Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi.

Umar, Husein. 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka

Utama.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.