ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, PENGAWASAN KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Abd. Rasyid Syamsuri

Abstract


Peranan sumber daya manusia dalam organisasi sangat penting karena sebagai penggerak utama dari seluruh kegiatan atau aktivitas dalam mencapai tujuan yaitu untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisasi. Berhasil tidaknya suatu organisasi dalam mempertahankan eksistensi organisasi dimulai dari usaha mengelola sumber daya manusia khususnya dalam meningkatkan kinerja secara maksimal. Pendidikan, pengawasan kerja, dan disiplin merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja suatu organisasi. Kinerja harus dipahami oleh seluruh kepentingan organisasi sebagai metode untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap menurun atau memburuknya kinerja individu, kelompok, atau tim organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan, pengawasan kerja dan disiplin terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pendekatan survey dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 81 responden sedangkan populasi yang dijadikan dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil uji regresi linier berganda diperoleh nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,712. Hal ini berarti besarnya pengaruh variabel bebas (pendidikan, pengawasan kerja, dan disiplin) terhadap variabel terikat (kinerja pegawai) adalah 71,2%. Pengujian secara serempak pendidikan (X1), pengawasan kerja (X2) dan disiplin (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Pengujian secara parsial pendidikan, pengawasan kerja dan disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai serta faktor yang dominan mempengaruhi kinerja pegawai adalah variabel pendidikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pendidikan, pengawasan kerja dan disiplin berpengaruh signifikan terhadap Kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal.

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Melayu S.P., 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan

Kedelapan, Bumi Aksara, Jakarta.

[LAKIP] Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun anggaran 2011. Dinas

Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2007, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia,Cetakan

Ketiga Refika Aditama, Bandung.

Santoso, Singgih, 2010,Statistik Multivariat,Elex Media Komputindo, Jakarta

Siagian, Sondang P. 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelimabelas, Bumi

Aksara, Jakarta.

Siswanto, HB, 2009 Pengantar Manajemen, Cetakan Kelima, Bumi Aksara, Jakarta.

Werther, Wlillian B., dan Keith Davis, 2003. Human Resources and PersonelManagemen,

th Edition, MeGraw-Hill, inc, New York.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i1.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.