PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA CV. SUN BERLIAN MOTOR AEK NABARA

Fery Arvandi, Ade Parlaungan Nasution

Abstract


Perkembangan industri otomotif dewasa ini begitu cepat seiring dengan kemajuan tehnologi dan tingginya tingkat persaingan diantara perusahaan-perusahaan otomotif dalam menciptakan produk yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Perilaku masyarakat yang membutuhkan dan menginginkan sepeda motor dengan merek, kualitas, harga serta dengan desain baru yang ditawarkan pada tingkat harga yang kompetitif merupakan potensi yang harus diperhatikan produsen untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Untuk maju dan berkembang dalam konsep pemasaran perusahaan harus mampu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, dimana kepada merekalah nantinya produk tersebut akan dipasarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada CV. Sun Berlian Motor Aek Nabara. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Realibilitas, Uji Validitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi (R2 ), uji F dan uji t. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi bahwa : Y = 2,414 + 0,660X1 + 0,340X2 + 0,166X3 + e Semua variabel faktor sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan nilainya positif. Variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha adalah variabel faktor sosial, hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi yang lebih besar dibandingkan dengan koefisien, pribadi, dan psikologis. Koefisien determinasi (R2 ) = 0,597. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 57,3% keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh variabel faktor sosial, pribadi, dan psikologis, sedangkan sisanya (100% - 57,3% = 42,7%) dijelaskan faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Uji F diperoleh bahwa sosial, pribadi, dan psikologis secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Hail Uji t dari tiap variabel diperoleh bahwa sosial, pribadi, dan psikologis secara parsial masing-masing berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Boyd, et.al. 2006. Manajemen Pemasaran ; Suatu Pendekatan

Strategis Dengan Orientasi Global. Jakarta : Erlangga.

Damanik, Berdian. 2008. “Analisis Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap

Proses Keputusan Konsumen Pada Gamestation Jl. DjaminGinting

Padang Bulan Medanâ€. Jurnal FEUSU. Medan.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate denganProgram SPSS. Semarang

: Badan PenerbitUniversitas Diponegoro.

Hurriyati Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung :

Alfabeta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan,

Pengendalian.Jakarta : Salemba Empat.

Kotler,Philips dan Gery Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi kedelapan.

Jakarta : Erlangga.

Krtistianto. 2011. Psikologi Pemasaran.

Yogyakarta : PT. Buku Seru.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Risetuntuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3).Jakarta :

Erlangga.

Prayoga, Putra Saguh. 2009. “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan

Psikologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mie Instan Merek

Sedaap (Studi Kasus Mahasiswa Yang Kost Di Lingkungan Kampus USU)â€.

Jurnal FEBUSU. Medan




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.