FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERKUNJUNG KE WISATA ALAM WATERBOM DESA JANJI

Siti Lam'ah Nasution

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi wisata terhadap keputusan berkunjung ke wisata alam Waterboom Desa Janji. Pengumpulan datamenggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Pengerjaan metodeanalisis data dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.0 for Windows.Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian inimenggunakan 93 responden sebagai sampel penelitian yang diambil denganmenggunakan teknik purposive sampling yaitu sampel yang dipilih dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa secara simultan (serempak) produk, harga, lokasi, dan promosiberpengaruh positif dansignifikan terhadap keputusan berkunjung ke wisata alam Waterboom Desa Janji dan harga adalah variabel paling dominan. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke wisata alam Waterboom Desa Janji, sedangkan promosi (X4) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung ke wisata alam Waterboom Desa Janji.Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan berkunjung dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, lokasi, dan promosi sebesar 58,1%. Sedangkan sisanya 41,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Antony, Julius dan Jolanda. 2009. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan

Konsumen Dalam Memilih Starbucks Coffee di Galaxy Mall”. Jurnal.Surabaya :

Universitas Krosten Petra.

Churchill, Gilbert A. Jr. 2009. Riset Pemasaran. Jilid I, Edisi kedelapan. Terjemahan Dr. Dwi

Kartini Yahya S.E. M.M. Jakarta : Erlangga.

Fure, Hendra. 2013. “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Serta

Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehatii Calaca”. Jurnal

Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I, Edisi

Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kedua

Belas. Jakarta : PT Indeks.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3).Jakarta : Erlangga.

Lamb, Charles W. Jr., Joseph F. Hair, Jr., dan Carl McDaniel. 2008. Pemasaran. Buku 2.

Terjemahan David Octarevia. Jakarta : Salemba Empat.

Lovelock. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jilid I, Edisi keenam.Jakarta : PT. Indeks.

Machfoedz, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Andi Publisher.

Scarborough, Zimmer. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jilid I, Edisi

ketiga.Jakarta : Salemba Empat.

Siburian, Cempaka Kezia. 2013. “Pengaruh Produk, Lokasi, Harga, dan Promosi Terhadap

Minat Berkunjung Kembali ke Tempat Wisata Draco Waterpark Hermes Medan”.

Jurnal FEB.Medan : USU.

Situmorang, Syafrizal Helmi, Doli M. Ja’far Dalimunthe, Iskandar Muda, Muslich Lufti,

Syahyunan. 2008. Analisis Data Penelitian. Terbitan Pertama. Medan : USU Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kelima.Bandung : Alfabeta.

Sunarto. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta : AMUS dan UST Press.

Suwantoro, Gamal. 2007. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi Publisher.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa. Edisi I. Malang : Bayumedia Pubishing.

Umar, Husein. 2006. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsemen.Jakarta : Gramedia Pustaka

Utama.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset

Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Winardi. 2010. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta : Prenada Media.

Yoeti, H. Oka A. 2005. Pemasaran Pariwisata. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

________________. 2007. Strategi Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v5i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.