PENGARUH CUSTOMER VALUE, PERSEPSI KUALITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN (STUDI KASUS PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA PADA CV INDAH SAKTI RANTAUPRAPAT)
Abstract
Perkembangan industri otomotif sepeda motor di Indonesia setiap tahun kian meningkat
sehingga menyebabkan terjadinya persaingan yang tinggi diantara para industri tersebut,
ditambah lagi semakin banyak para investor dari dalam dan luar negeri menanamkan
modalnya di Indonesia untuk membangun bisnis sejenis di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer value secara parsial terhadap retensi
pelanggan pada CV Indah Sakti Rantauprapat. Untuk mengetahui pengaruh persepsi
kualitas secara parsial terhadap retensi pelanggan pada CV Indah Sakti Rantauprapat.
Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan secara parsial terhadap retensi pelanggan pada
CV Indah Sakti Rantauprapat. Untuk mengetahui pengaruh customer value, persepsi
kualitas dan kepercayaan secara serempak terhadap retensi pelanggan pada CV Indah Sakti
Rantauprapat. Penelitian ini dilakukan CV Indah Sakti Rantauprapat Jumlah pelanggan
yang terdaftar pada CV Indah Sakti Rantauprapat yang datang untuk service sepeda motor
selama tahun 2015 berjumlah 3251 orang. Penarikan sampel menggunakan rumus slovin
sehingga menjadi 97 sampel.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan sampel
aksidental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau data sekunder.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian terbukti
diterima, yang menyatakan bahwa variabel customer value memiliki pengaruh paling
dominan terhadap retensi pelanggan. Hipotesis kedua yang diajukan dalam penelitian ini
terbukti ditolak, yang menyatakan bahwa variabel persepsi kualitas tidak memiliki
pengaruh terhadap retensi pelanggan. Hipotesis ketiga yang diajukan dalam penelitian ini
terbukti diterima, yang menyatakan bahwa variabel kepercayaan memiliki pengaruh
terhadap retensi pelanggan. Hipotesis keempat yang diajukan dalam penelitian ini terbukti
diterima, yang menyatakan bahwa variabel customer value, persepsi kualitas dan
kepercayaan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap retensi pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Akhdon. 2011. Cara Menggunakan dan
Memaknai Path Analysis (Analisis
Jalur). Bandung : Alfabeta.
Buttle, Francis. 2009. Customer
Relationship Management
(Manajemen Hubungan
Pelanggan): Concept and Tools.
Malang. Bayumedia Publishing.
Diab, Balqis. 2009. Analisis Pengaruh
Nilai Elanggan Dan Citra Merek
Terhadap Kepuasan Pelanggan
Dalam Meningkatkan Retensi
Pelanggan (Studi Kasus pada Gies
Batik Pekalongan). Tesis Program
Studi Magister Manajemen
Program Pasca Sarjana
Universitas Diponegoro.
Hoffman, K dan Basteson, Jhon E.G.
Service Marketing :
Concepts, Strategies dan Cases.
Third Edition. USA. Thomson
South-Western
Kotler, Philip. 2007. Prinsip-prinsip
Pemasaran I Edisi Keduabelas,
Gramedia Pustaka, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. L. 2008.
Manajemen Pemasaran Jilid 1.
Edisi 12.Alih Bahasa Benyamin
Molan.Jakarta : Indeks
Kristanto, A. 2005. Analisis Pengaruh
Asosiasi Merek, Nilai Produk, dan
Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan, Serta Hubungannya
Dengan Retensi Konsumen: Studi
Mengenai Motor Merek Honda di
Jakarta. Tesis. Jakarta: Program
Studi Magister Manajemen UI.
Sasongko dan Khasanah. 2012. Analisis
Pengaruh Motivasi Konsumen,
Persepsi Kualitas dan Sikap
Konsumen Terhadap Keputusan
Pembelian PC Tablet iPad (Studi
pada Konsumen iPad di
Semarang). CBAM Fakultas
Ekonomi UNISSULA Vol. I No. 1
Desember 2012.
Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie
Lazar. 2010. Consumer Behavior.
th edition, New Jersey: Pearson
Prentice Hall
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Suhardi, Gunarto. 2006. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Kepercayaan
dan Loyalitas Nasabah Perbankan
Di Surabaya. Jurnal KINERJA.
(Vol. 10 No.1).
Win Esti, Nawazirul Lubis, Andi
Wijayanto. 2013. Pengaruh Nilai
Pelanggan Terhadap Retensi
Pelanggan Melalui Kepuasan
(Studi Pada Mahasiswa Jurusan
Administrasi Bisnis Universitas
Diponegoro Angkatan 2009 –
Pengguna Layanan Data
Smartfren). Diponegoro JournalOf Social And Politic Tahun 2013,
Hal. 1-10.
Yunitasari dan Yuniawan. 2006. Analisis
Pengaruh Kesadaran Merek,
Persepsi Kualitas Dan Loyalitas
Merek Terhadap Nilai Pelanggan
Mobil Merek Toyota. Jurnal Studi
Manajemen & Organisasi Volume
, Nomor 2, Juli, Tahun 2006,
Halaman 15
DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i2.680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.