FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH BERBELANJA DI HOME SMART

Ispantari Ramayanti, Hayanuddin Safri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di Home Smart, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan 96 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa secara simultan (serempak) faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di Home Smart. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di Home Smart. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis sebesar 50,3%, sedangkan sisanya 49,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya : merek, image, harga, promosi, dan lain sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Damanik, Berdian. 2008. “Analisis Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap ProsesKeputusan Konsumen Pada Gamestation Jl. DjaminGinting Padang Bulan Medanâ€. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Medan : USU.

Engel, James F. Roger D. Blackwell dan Paul W Miniard. 2006. Perilaku Konsumen (Alih Bahasa Budi Janto), Jilid I, Edisi Keenam. Jakarta : Binarupa Aksara.

Ferrinadewi, Erna. 2008, Merek dan Psikologi Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philips dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi kedua belas. Jakarta : Indeks.

Kotler, Philips dan Gery Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I, Edisi kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta : Erlangga.

Mowen, Jhon dan Minor. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Nasution, Rizki Affandy. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Sedaap Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Ekstensi Universitas Sumatera Utaraâ€. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Prayoga, Putra Saguh. 2009. “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedaap (Studi Kasus Mahasiswa Yang Kost Di Lingkungan Kampus USU)â€. Jurnal, Fakultas Ekonomi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Rosidi, Purwaningsih dkk. 2010. Impulsive Buying. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : Prenada Media Group.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Ginting, Paham. 2009. Analisis Data Penelitian. Cetakan Kedua. Medan : USU Press.

Sumarwan, Ujang. 2007. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Cetakan kedua. Bogor : Ghalia Indonesia.

Supramono dan Haryanto. 2006. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Edisi I. Malang : Bayumedia Pubishing.

Umar, Husein. 2006. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsemen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.