PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI PADA MAHASISWA STIE LABUHANBATU)

Al-Ansori Afda’u Nasution, Abd. Rasyid Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, desain produk, dan fitur produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Mahasiswa STIE Labuhanbatu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu sampel yang dipilih dengan kriteria tertentu berjumlah 89 orang. Hasil uji hipotesis secara serempak (Uji F) variabel kualitas produk, desain produk, dan fitur produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada uji hipotesis parsial (Uji t) variabel kualitas produk dan fitur produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, variabel desain produk berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square (R2)sebesar 0,313. Artinya variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 31,3% oleh variabel kualitas produk, desain produk, dan fitur produk, sementara sisanya 68,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Full Text:

PDF

References


Alana, Aditya Yesika, Wahyu Hidayat dan Handoyo Djoko W. 2012. “Pengaruh Citra Merek, Desain, dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Diponegoro)â€. Universitas Diponegoro, Semarang.

Bruandari, Siti Fauzi. 2012. “Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Merek Blackberry (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)â€. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo, H. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE - Yogyakarta.

Griffin, Ricky. W dan Ronald J. Ebert. 2008. Bisnis, Edisi Keenam. Jakarta : Indeks.

Handayani, Widya, 2013. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Galaxy Seriesâ€. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Kartajaya, Hermawandan Muhammad Syakir Sula. 2008. Syariah Marketing. Bandung :Mizan.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12).Jakarta :Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi 13).Jakarta :Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta:Erlangga.

Schiffman, Leon. G dan Leslie Lazar Kanuk, 2010. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta :Indeks.

Soewito, Yudhi, 2013. “Kualitas Produk, Merek, dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mioâ€. Jurnal EMBA, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Vol.1 No.3, hal 218-229.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung :Alfabeta.

Suryani, Tati, 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet dan Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta :Graha Ilmu.

Sutisna, 2008. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Techno.id. 2015.“Penjualan Smartphone Samsung Menurun Dibanding Tahun Laluâ€. http://www.techno.id/tech-news, Diakses 18 Nopembember 2015.

Techinasia. 2015.“W&S Group :Samsung Merek Smartphone Terpopuler di Indonesiaâ€. https://id.techinasia.com/pasar-ponsel-indonesia/. Diakses 18Nopember 2015.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi I. Malang : Bayumedia Pubishing.

Usman, Hardiusdan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.