PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN (CUSTOMER EXPERIENCE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN KULINER JAWA RANTAUPRAPAT

Ira Triyana Dewi, Muhammad Irwansyah Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman pelanggan (customer experience) terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Kuliner Jawa. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Rumah Makan Kuliner Jawa selama waktu penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Peneliti mengambil 96 orang pelanggan sebagai sampel. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial serta pengujian koefisien determinasi.
Pada pengujian secara serempak (uji F) diketahui bahwa pengalaman pelanggan (customer experience) yang terdiri dari variabel Sense, Feel, Think, Act dan Relate secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada pengujian secara parsial (uji t) diketahui bahwa variabel Sense, Feel, dan Think secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan Act dan Relate berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Melalui pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,562 berarti 56,2% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh pengalaman pelanggan (customer experience) yang terdiri dari variabel Sense, Feel, Think, Act dan Relate, sedangkan sisanya 43,8% dapat dijelaskan oleh variabel lainn yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Andreani, Fransisca. “Experiental Marketing”, Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 2. No.1, April, 2007 : 1 – 8`, http/puslit petra.ac.id/journals marketing.

Fauziyah, Resty. 2011. “Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen pada Supermarket Madinah Syariah Medan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Medan : USU.

Gea, Jonathan. 2007. “Analisis Customer Experience Timezone Thamrin plaza Medan”. Jurnal. Medan : FE – USU.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.

_____________. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Mowen, Jhon C dan Michael Minor. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Dwi Kartini. Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sianipar, Selamat O. 2008. “Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Amazone Sun Plaza Medan”. Jurnal. Medan : FE-USU.

Simamora, Bilson. 2008. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Situmorang, Syafrizal Helmi, dkk. 2008. Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Medan : USU Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyarini, Endang. 2009. “Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiental Marketing”. Jurnal Manajemen Bisnis. Medan : USU Press.

Sunarto. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta : Amus.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jawa Timur : Bayumedia Publishing.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.