PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MINIMARKET RADJA PAS RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHANBATU

Lestari Lestari, Daslan Simanjuntak

Abstract


Saat ini keberadaan tempat perbelanjaan yang lengkap, aman, nyaman, bersih tidak hanya di kota-kota besar saja tetapi sudah menyebar ke semua daerah. Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu merupakan salah satu bentuk bertahannya Minimarket ditengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Semakin bertambah banyaknya toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat, membuat Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu harus mampu bersaing secara ketat dan profesional. Keberadaan Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu merupakan suatu bentuk dari keinginan konsumen yang ingin berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari secara efisien di satu tempat karena dapat menghemat waktu dan biaya. Dari Hasi penelitian yang berjudul “Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu” dengan jumlah kurang lebih 150 populasi dan 60 sampel. Hasil uji t (parsial) yang di dapat yaitu Variabel Produk (X1) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana 1,922 > 1,67 dengan probabilitas 0,060 > 0,05. Variabel Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana 3,799 > 1,6 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 . Variabel Distribusi (X3) berpengaruh positif tetapi signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana 1,752 > 1,67 dengan probabilitas 0,085 > 0,05. Variabel Promosi (X4) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dimana 0,290 < 1,67 dengan probabilitas 0,773 > 0,05. Hasi uji f (simultan) variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3), promosi (X4), secara bersama-sama berpengaruh terhadappeningkatan keputusan pembelian konsumen (Y). Hal ini dapat dilihat dari fhitung> ftabel = 23,495 > 4,02 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dan variabel produk (X1), harga (X2),distribusi (X3), promosi (X4) mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 63,1%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. ManajemenPenelitian. Yogyakarta:RinekaCiptaGhozali, Imam. 2006. Aplikasi AnalisisMultivariatedenganProgramSPSS,Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2007. ManajemenPemasaran,Edisi Milenium.Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip dan Gary Armstrong.2008.Prinsi-Prinsip

Pemasaran.Jilid 1, Edisi 8. Erlangga : Jakarta.Parasuraman

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sembilan.Jakarta : PT. Indeks.Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

Swastha DH, Basu dan Ibnu Sukotjo W.2007.PengantarBisnisModern.Edisi 3. Liberty : Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andy Offset : Yogyakarta.

Zeithmal, Valeri, Parasuraman dan Bitner. 2006. Pengantar Proses Berpikir Strategik.

Jakarta : Binarupa AksaraRiyadi, Minggar. (2013). Analisis

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pelumas Sepeda Motor Enduro 4t (Studi Pada Pelumas Sepeda Motor Enduro 4t Pertamina Jawa Bagian Tengah)

Pranata, Mario. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di

Rumah Makan Bamara Surabaya




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i1.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.