PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PADA BRASTAGI SUPERMARKET RANTAUPRAPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat. Sampel penelitian ini berjumlah 96 orang yang diambil menggunakan rumus Supramono dan Haryanto. Teknik penentuan sampel adalah metode Purposive Sampling. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial serta pengujian koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) diketahui bahwa persepsi kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat, dimana nilai thitung> ttabel yaitu 5,376 > 1,66140 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kepuasan pelanggan (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat, dimana nilai thitung> ttabel yaitu 7,602 > 1,66140 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) diketahui bawah pesepsi kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat, dimana nilai Fhitung> Ftabel (82,733 > 3,09) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Melalui pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,632, yangberarti 63,2% minat pembelian ulang dapat dijelaskan oleh persepsi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 36,8% dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Aaker, A. David. 2008. ManajemenEkuitas Merek. Alih bahasa olehAris Ananda. Jakarta : Mitra Utama.
Andre, Y.B. 2009. “Analisis Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Keinginan Pembelian Ulang, Studi Kasus di Universitas Bunda Muliaâ€.Business andManagement Journal BundaMulia, Vol 5 No.1 Maret 2009.
Ayu, Yohana Sylvi Putri. 2009. “Perceived Quality. Perceived
Value, Brand Preference Customer Satisfaction and Customer Loyalty Pada Repurchase Intentionâ€, JurnalBisnis dan Manajemen, Vol. 9No.1 2009 : 75-90.
Burhanudin. 2007. “Analisis Konsekuensi Kepuasan dan Penyesalan Pada Niat Melakukan Pemmbelian Ulang dan Niat Melakukan Komplainâ€, Skripsi Ekonomi Manajemen, Universitas Sumatera Utara. Medan.
Ferrinadewi,Erna. 2008. Merek danPsikologi Konsumen. Yogyakarta :Graha Ilmu.
Kasmir. 2006. Etika Customer Service. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip. 2008. ManajemenPemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta :PT. Indeks.
__________.2009. ManajemenPemasaran. Jilid 2. Edisiketigabelas. Jakarta : Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Risetuntuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3).Jakarta : Erlangga.
Laksana,Fajar. 2008. ManajemenPemasaran ; Pendekatan Praktis.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Lupioyadi,Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajeman PemasaranJasa, Edisi Kedua, Jakarta :Salemba Empat.
Martin,William B. 2008. QualityCustomer Service. Jakarta : PPM.
Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk.2008. Customer Behaviour
(Perilaku Konsumen), Edisi 7,Jakarta : PT. Indeks.
Simamora,Bilson. 2006. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Situmorang,Syafrizal Helmi, Iskandar Muda, Doli M.Jafar Dalimunthe, Fadli, Fauzie Syarif. 2010. Analisis Data. Medan : USU Press
Situmorang,Syafrizal Helmi, dan Muslich Lufti. 2012. AnalisisData Untuk Manajemen dan Bisnis. Medan : USU Press.
Sugiyono. 2007. Metode PenelitianBisnis. Bandung : Alfabeta.Sumarwan, Ujang. 2011. PerilakuKonsumen. Bogor : Ghalia.
Sunarto. 2006. Customer Service. Jakarta : Amus.
Supramono dan Jony Oktavian Haryanto. 2006. Desain Proposal PenelitianStudi Pemasaran. Yogyakarta :Andi.
Supranto,J dan Limakrisna. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategis
JURNAL
Pemasaran. Edisi pertama, Cetakan pertama. Jakarta: Mitra
Wacana Media.
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran.
Yogyakarta : Andi.
Tandanu, Mansur. 2009. “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada CV Brastagi Supermarket Jl. Gatot Subroto Medanâ€.Skripsi,
FEB USU. Medan. Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa. Malang : Penerbit Bayu Media Publishing.
_______________. 2011. Strategi
Pemasaran. Yogyakarta : Andi. Wibisaputra, Adizty. 2011. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 kg (di PT. Candi
Agung Pratama Semarang)â€. Skripsi Ekonomi Manajemen, UniversitasDiponegoro. Semarang.
DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i2.706
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.