GLOBALISASI EKONOMI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Hayanuddin Safri

Abstract


Globalisasi dalam pandangan Islam adalah sebuah keniscayaan, karena Islam sendiri adalah ajaran yang bersifat global, tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Dalam Al-Qur’an surat AlHujurat (49):13 yang artinya:Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenalâ€. Su’uba wa Qabaila li ta’arofu dalam ayat di atas menggambarkan bahwa manusia itu akan terdiri dari berbagai macam suku bangsa, tetapi ujungnya adalah lita’arofu (untuk saling kenal mengenal). Kata-kata lita’arofu merupakan perintah untuk memahami dan mengerti suku-suku bangsa. Implikasinya bermakna bahwa seorang muslim harus mengglobal jauh melintas batas kesukuan dan teritorial.Ayat 13 surat AlHujurat itu menegaskan bahwa dalam mensikapi globalisasi seorang muslim harus mempunyai sikap taqwa. Taqwa mempunyai makna seorang muslim harus mempunyai kekuatan dan kemandirian serta ketundukan kepada Allah SWT dalam keseluruhan tatanan kehidupan.Taqwa tercermin dalam kekuatan aqidah, kekuatan ilmu pengetahuan, kekuatan ukhuwwah dan sinergi serta kekuatan pendidikan dan budaya. Jika ummat Islam menjadi ummat yang kuat, ia akan memberikan arahan dan warna terhadap setiap perubahan dalam era globalisasi, ia akan mampu pula melakukan seleksi terhadap berbagai fenomena.Untuk menghadapi globalisasi diperlukan kekuatan-kekuatan atau daya saing, antara lain:1).daya saing kualitas. 2). daya saing harga.3)daya saing Marketing. 4).daya saing Networking (jaringan) yang dilandasi oleh ketakwaan.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Hadits.

Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil

Menengahh. ISSN : 1907-5022. Bandung.

Ali Yafie, 2003, Fiqih Perdagangan Bebas, Jakarta : Teraju Mizan.

Apridar, 2012, Ekonomi Internasional: Sejarah, Teori , Konsep dan Permasalah dalam

Aplikasinya (Yogyakarta: Graha Ilmu)

Anabarja, Sarah. Kendala Dan Tantangan Indonesia dalam Mengimplementasikan ASEAN

Free Trade MenujuTerbentukny ASEAN Economic Community.

Hanantijo, Djoko. Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Global. Surakarta

Hafifuddin, Hendri Tanjung, 2017, Pengantar Manajemen Syariah, Lembaga Penelitian dan

Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Ibnu Khaldun Bogor,

Hendra Hawawi, 5005, Ekonomi Internasioanl dan Globalisasi Ekonomi, Bogor: Ghalia

Indonesia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Departemen Pendidikan Nasional dan Balai

Pustaka 2017.

Madjid, Rachmawati. Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Menggapai BonusDemografi

Sihombing, Jonker. 2013. Kerjasama ASEAN: Manfaatdan Tantangannya Bagi Indonesia.

Law Review Volume XIII No.2. Karawaci

Kurtz, Lester, Gods in the Global Village, (Pine Force Press California, 1995)

Latief, Dochak, Pembangunan Ekonomi dan Kebijakan Ekonomi Globalisasi.

(Surakarta Muhammadiyah University Press, 2003)

Muhtarom, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi. (yokyakarta : Pustaka Pelajar, 2005)

Stever, H. Guyford “Science, Systems, and Society.†Journal of Cybernetics, (1972)

Soesastro, Hadi. 2004. Kebijakan Persaingan, Daya Saing, Liberalisasi,

Globalisasi,Regionalisasi

Wibowo, Arif. Kesiapan Konsumen Indonesia Dalam Menghadapi AFTA2015




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v5i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.