PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT MEMULAI WIRAUSAHA BAGI ANAK MUDA DI KABUPATEN LABUHANBATU

Ade Parlaungan Nasution, Ajeng Handayani Purwaningrum

Abstract


Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat memulai wirausaha bagi anak muda di Kabupaten Labuhanbatu. Pengaruh ini dimediasi secara kuat oleh peningkatan Efikasi Diri Kewirausahaan (ESE), di mana media sosial membantu membangun kepercayaan diri individu dalam kemampuan wirausaha mereka. Selain itu, faktor-faktor seperti kreativitas, kecerdasan emosional, ekspektasi pendapatan, dan motivasi juga berperan penting. Mekanisme pengaruh positif media sosial meliputi kemudahan akses informasi dan pengetahuan, efektivitas pemasaran yang hemat biaya, pembentukan jaringan dan komunitas yang mendukung, serta penyediaan model peran dan inspirasi. Meskipun demikian, terdapat tantangan signifikan seperti penyebaran informasi palsu, persaingan tidak sehat, dan potensi pembentukan ekspektasi yang tidak realistis

Keywords: Sosial Media, Minat Berwirausaha,Efikasi, jaringan Komunitas,Kreativitas.


Full Text:

PDF

References


Al-Haddad, S., Al-Sartawi, A. M., & Al-Zoubi, M. R. (2023). Shaping Sustainable Entrepreneurial Intentions among Business Students: A Cross-Country Study. Sustainability, 15(3), 2489. Diakses Juni 23, 2025, dari https://www.mdpi.com/2071-1050/15/3/2489

Al-Haddad, S., Al-Sartawi, A. M., & Al-Zoubi, M. R. (2024). The mediating role of social and entrepreneurial self-efficacies in the relationship between entrepreneurial social identities and intention. Journal of Small Business and Enterprise Development, 31(1), 1-20. Diakses Juni 23, 2025, dari https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/jsbed-12-2023-0608/full/html

Aithor. (n.d.). The Role of Social Media in Small Business Growth and Entrepreneurship. Diakses Juni 23, 2025, dari https://aithor.com/essay-examples/the-role-of-social-media-in-small-business-growth-and-entrepreneurship

Badan Pusat Statistik. (n.d.). Proporsi Individu Yang Menggunakan Internet Menurut Provinsi. Diakses Juni 23, 2025, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyNSMy/proporsi-individu-yang-menggunakan-internet-menurut-provinsi.html

Badan Pusat Statistik Kabupaten Labuhanbatu. (2024, Maret 26). Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2023. Diakses Juni 23, 2025, dari https://labuhanbatukab.bps.go.id/id/pressrelease/2024/03/26/238/pertumbuhan-ekonomi-kabupaten-labuhanbatu-tahun-2023.html

Biro Pengembangan Minat Bakat dan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Medan Area. (2022, Mei 31). Dampak Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis. Diakses Juni 23, 2025, dari https://bpmbkm.uma.ac.id/2022/05/31/dampak-penggunaan-media-sosial-dan-manfaat-untuk-bisnis/

Databoks. (2024, Mei 29). Tingkat Penetrasi Internet di 38 Provinsi Indonesia Tahun 2024. Katadata. Diakses Juni 23, 2025, dari https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66ed03a813441/tingkat-penetrasi-internet-di-38-provinsi-indonesia-tahun-2024

Gupta, A., & Gupta, P. (2023). Opportunities for Social Media to Support Aspiring Entrepreneurs: A Case Study of India. Diakses Juni 23, 2025, dari https://socialinnovations.us/wp-content/uploads/2024/04/Aarti_ACM23.pdf

Hidayat, R., & Handayani, N. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bisnis Manajemen & Kewirausahaan, 5(2), 127-138. Diakses Juni 23, 2025, dari https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/download/32950/14321/90094

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). (2011). Strategi Nasional Kewirausahaan Pemuda. Diakses Juni 23, 2025, dari https://perpustakaan.bappenas.go.id/e-library/file_upload/koleksi/migrasi-data-publikasi/file/Unit_Kerja/Direktorat%20KPAPO/Strategi_Nasional_Kewirausahaan_Pemuda.pdf

Kumara, A. A., & Wulandari, S. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Dengan Menggunakan Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(2), 1-10. Diakses Juni 23, 2025, dari https://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/3533

Kumparan. (2022, November 28). Pengertian Media Sosial, Ciri-ciri, dan Fungsinya. Diakses Juni 23, 2025, dari https://m.kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-media-sosial-ciri-ciri-dan-fungsinya-20NLhAo6t3k

Layyinah, N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial, dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). (Skripsi tidak dipublikasikan). UIN Walisongo Semarang. Diakses Juni 23, 2025, dari https://eprints.walisongo.ac.id/26114/1/2005026053_Nisaul%20Layyinah_Tugas%20Akhir%20-%20Nisaul%20Layyinah.pdf

Lim, T. Y., & Wijaya, C. (2018). Pengaruh Theory of Planned Behaviour Terhadap Entrepreneurial Intention Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 4(2), 162-172. Diakses Juni 23, 2025, dari https://ejournals.umn.ac.id/index.php/manajemen/article/view/1629/998

Mangkey, J. E., & Londa, A. D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Manado. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 1-10. Diakses Juni 23, 2025, dari https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/manajemen-dan-kewirausahaan/article/download/4904/2409

Meng, Y., Chen, J., Li, Y., & Li, W. (2022, April 14). Evaluating the relationship between social media use frequency and mental health: A systematic review and meta-analysis. Frontiers in Public Health. Diakses Juni 23, 2025, dari https://pmc.ncbi.nlm.nih.gov/articles/PMC9010631/

MTs Negeri 8 Sleman. (2023, September 20). Peran Media Sosial dalam Membentuk Pola Pikir Anak Muda. Diakses Juni 23, 2025, dari https://mtsn8sleman.sch.id/blog/peran-media-sosial-dalam-membentuk-pola-pikir-anak-muda/

Nur, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare. (Skripsi tidak dipublikasikan). IAIN Parepare. Diakses Juni 23, 2025, dari https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2223/3/17.2400.055%20BAB%202.pdf

Nur, M. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Malikussaleh. Diakses Juni 23, 2025, dari https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7236/3/Bab%20I.pdf

Nurhayati, Y. (2017). Kewirausahaan dan Pemberdayaan Pemuda dalam Mengurangi Pengangguran. Jurnal Ketenagakerjaan, 12(2), 133-146. Diakses Juni 23, 2025, dari https://journals.kemnaker.go.id/index.php/naker/article/download/55/29/143

Nurjanah, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses Juni 23, 2025, dari http://repository.upi.edu/56079/4/S_PEA_1403445_Chapter2.pdf

Number Analytics. (2023, August 3). Top Social Media Marketing Skills Every Entrepreneur Needs. Diakses Juni 23, 2025, dari https://www.numberanalytics.com/blog/top-social-media-marketing-skills-every-entrepreneur-needs

Nurdin, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. (Skripsi tidak dipublikasikan). STKIP PGRI Jombang. Diakses Juni 23, 2025, dari https://eprints.upjb.ac.id/914/1/ARTIKEL%20RIZAL%20NURDIN%20192042.pdf

Prakerja. (2023, November 29). 5 Manfaat Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis IKM. Diakses Juni 23, 2025, dari https://www.prakerja.go.id/artikel/insight/5-manfaat-media-sosial-untuk-mengembangkan-bisnis-ikm

Pratiwi, A. R., & Wijaya, C. (2023). The Role of Social Media in Increasing Entrepreneurial Motivation. Seminar Nasional Humaniora, 3(1), 1-10. Diakses Juni 23, 2025, dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH/article/view/37000/17080

Purnomo, A., & Sumarsono, H. (2023). Mengembangkan Minat Wirausaha Anak Muda: Kunci Sukses Entrepreneurship dan Life Skills. Jurnal Sosial Humaniora Riset, 5(2), 1-10. Diakses Juni 23, 2025, dari https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/download/3533/2843/12611

Santoso, T., & Astuti, R. (2021). Konseptualisasi dan Pengembangan Pengukuran Sikap Karier Protean: Pendekatan Teori Kognitif Sosial Karier. Jurnal Ekuitas, 9(1), 1-10. Diakses Juni 23, 2025, dari https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/download/4958/993/8818

Sari, D. P. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Bandar Lampung. Diakses Juni 23, 2025, dari http://repo.darmajaya.ac.id/11780/6/BAB%20II.pdf

Sribu. (2023, September 27). Plus dan Minus Dampak Media Sosial Terhadap Bisnis. Diakses Juni 23, 2025, dari https://www.sribu.com/id/blog/dampak-media-sosial/

Triana, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Ekspektasi Pendapatan, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Semarang. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Semarang. Diakses Juni 23, 2025, dari https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2020/B.131.20.0140/B.131.20.0140-15-File-Komplit-20240117091512.pdf

Wang, X., & Li, Y. (2022). Social Media Use and Entrepreneurial Intention Among Vocational Students in China: The Role of Entrepreneurial Self-Efficacy and Gender. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 6(8), 1-10. Diakses Juni 23, 2025, dari https://rsisinternational.org/journals/ijriss/articles/social-media-use-and-entrepreneurial-intention-among-vocational-students-in-china-the-role-of-entrepreneurial-self-efficacy-and-gender/

Labuhanbatu.com.(2025). Ayo Kuliah Di Labuhan Batu !!!!., Diakses Juni 23, 2025 dari https://labuhanbatu.com/2025/07/06/135/




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v11i2.7702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.