FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MAKANAN JAJANAN TRADISIONAL DI KELURAHAN PERDAMEAN

Zuriani Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh harga pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean dan (2) pengaruh lokasi pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean. Penelitian ini meliputi penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kelurahan Perdamean. Berdasarkan hasil perhitungan jumlah sampel yang ditentukan digunakan sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga suatu pengaruh signifikan terhadap pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean, terbukti dari nilai signifikansi 0,001 <0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,329, (2) lokasi. Pengaruh signifikan terhadap pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean, terbukti signifikansi 0,000 <0,05 dan koefisien regresi 0,493.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Panji, A. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap

Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Study Kasu Pada Dealer Sepeda Motor

Honda Di Kota Banjarnegara): skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro:

Semarang.

Basu Swastha,dan Sukotjo, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty: Yogyakarta

Felicia Linarda, Sindy (2013), Perilaku masyarakat Surabaya terhadap keputusan pembelian

makanan tradisional Indonesia ditinjau dari faktor eksternal & internal

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra (2007). Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta, Andi

Imam Ghozali, (2009), Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Badan Penerbit

Universitas Diponegoro, Semarang.

Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip

Jesslyn Santoso (2013), Pengaruh budaya, sub budaya, kelas sosial, dan persepsi kualitas

terhadap perilaku keputusan pembelian kue tradisional oleh mahasiswi di Surabaya

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Lamb, Charles. W. et.al. 2007. Pemasaran. Buku I Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat.

Jakarta

Mariska Deasy Paramitha (2015), Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap

keputusan pembelian(Studi Pada Konsumen Mie Nges-Nges BanyumanikSemarang).

Philip Kotler & Kevin Lane Keller,2009, Manajemenpemasaran,Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.

RambatLupiyoadi, 2007,Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Setiadi, Nugroho J. 2010, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.

Setiaji, Bambang. 2006. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta:

Muhammadiyah University Press.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV AlphaBetha, Bandung

Stanton, William J. 2007. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru. Jakarta : Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2007.Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogjakarta: Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i2.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.