PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Herman Jufri Andi, SITI AINUR ROMLAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran  discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa SMA.setelah disampaikan model discovery learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain the non equivalentcontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2020-2021 MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X MIPA C sebagai kelas kontrol dan X MIPA B sebagai kelas eksperimen.analisis data Dallam penelitian ini menggunakan uji-t yang dianalisis menggunakan spss versi 16. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan soal pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran Terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran. Hal Ini Terlihat Dari Hasil Uji Independentsample  T-test Yang Menunjukkan Nilai Sig. (2-tailed) Kurang Dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Pebriyanti. (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X SMAN 1 PRAYA BARAT Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi Volume 1 No 1.

Pekdag, B., 2010 Alternative Methods in Learning Chemistry: Learning With Animation, Simulation, Video And Multi Media, Turkish Science Education, Vol 7, No 2, Hal 79-110.

Rahmayani. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 3, No 2.

Syarifuddin, A. (2011). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Ta'dib.

Yuliana. (2018) Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2226

Refbacks



Copyright (c) 2021 Herman Jufri Andi, SITI AINUR ROMLAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)