The Influence of Teacher Professionalism on Accounting Learning Outcomes in Class XII Students of the Social Sciences Program at SMA Negeri 5 Jeneponto

Nurul Hijrah, H. Muhammad Azis, H. Muhammad Azis, M. Ridwan Tikollah, M. Ridwan Tikollah

Abstract


Riset berikut tujuannya guna menganalisis pengaruh profesionalisme guru pada hasil belajar akuntansi pada pelajar kelas XII program IPS SMAN 5 Jeneponto. Variabel dalam riset berikut ialah profesionalisme guru selaku variabel independent dan hasil belajar selaku variabel dependent. Populasi dari riset berikut yakni semua pelajar kelas XII IPS 1, XII IPS 2 serta XII IPS 3 SMAN 5 Jeneponto. Teknik penghimpunan sampel memakai teknik Sampling Total, sampel dari populasi didapatkan dari seluruh jumlah populasi dengan sampel sebanyak 92 peserta didik.Teknik pnghimpunan data yang dipakai ialah dokumentasi dan angket. Teknik analisa data yang dipakai ialah analisa deskriptif persentase, uji hipotesis dan instrument.

 

Melalui hasil analisa regresi linear sederhana didapatkan profesionalisme guru   Y = 55,006 + 0,511X yang bermakna setiap kenaikan satu bobot profesionalisme guru, maka bobot hasil belajar meningkat hingga 0,511 satuan. Hasil analisa koefisien determinasi didapatkan skor (r2) = 0,322 ataupun 32%. Kondisi tersebut bermakna Profesionalisme Guru berdampak pada hasil belajar senilai 32% sementara selebihnya 68% terpengaruh aspek lainnya. Sedangkan melalui hasil analisa uji-t ddiapatkan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 yang bermakna profesionalisme guru berdampak signifikan pada hasil belajar, sehingga hipotesis diterima.

 

Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Ciipta.

Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Profesionalisme guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap KINERJA gURU. Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, Vol. 5 No.

Kunandar. (2014). Guru profesional "Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada.

M. Barus. (2017). Kontribusi Minat Belajar, Lingkungan Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar PAI SMP. Psikologi Islami, Vol.3 No.1.

MR. Nur & AR Nurmiranti. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Syaikh Zaenuddin NW Anjani. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol.1 no.

Nana Sudjana. (2019). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Nurnaningsih dan Muhammad. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sejarah di MAN 1 Bima. Kajian Pendidikan Dan Sejarah, Vol.3 No.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran “Mengembangkan profesionalisme Guru.” Rajawali Pers.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v11i2.5254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Hijrah, H. Muhammad Azis, H. Muhammad Azis, M. Ridwan Tikollah, M. Ridwan Tikollah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)