ANALYSIS OF LEARNING INTEREST ON BIOLOGY LEARNING OUTCOMES ON EXCRETORY SYSTEM MATERIAL IN SENIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar biologi pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan ex-post facto dengan sampel penelitian sebanyak 64 murid yang di tentukan secara Cluster Random Sampling dengan rumus Taro Yamane. Instrumen penelitian menggunakan angket minat belajar dengan jumlah 25 pernyataan. Teknik analisis yang di gunakan dengan cara menghitung hasil angket berdasarkan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perolehan hasil nilai rata-rata minat belajar siswa kelas XI IPA sebesar 77,4%-89,4% menunjukkan minat belajar berkategori baik sampai sangat baik (2) Terdapat perolehan nilai indikator minat belajar yang signifikan di setiap kelas XI Ipa dengan nilai sebesar 74%-98% kategori baik sampai sangat baik. (3) perolehan minat belajar berdasarkan gender nilai siswi perempuan 84% > nilai siswa laki-laki 78%. Harapan ke depannya penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi solusi untuk lebih meningkatkan minat belajar siswa, diharapkan orang tua dan kepada guru untuk senantiasa berupaya memberikan pengawasan belajar baik di rumah maupun disekolah.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and LearningStudies,4(3),388–395. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Chofifah Maulida, N., & Adymas Pranajaya, S. (2018). Pengentasan Degradasi Minat Belajar Pada Siswa Remaja. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, vol 5. (1), 7–15. https://doi.org/10.21093/twt.v5i1.2421
Delfita, R., Arnitya, A., Marneli, D., Fajar, N., & Nurlaila, N. (2023). Edusainstika : Jurnal Pembelajaran MIPA 95 Edusainstika : Jurnal Pembelajaran MIPA Pengembangan Modul Biologi Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Ekskresi. Desember, 3(2).
Fernandez, V., Fadillah Tunnisa, L., Aulia, R., Hidayati, N., Sman, ), Batu, U., & Hulu, R. (2021). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Powerpoint Students’ Interest In Learning Biology Using Powerpoint Media (Vol. 5, Issue 1). http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio
Gresinta, E., & Fithah, Z. A. (2022). Analisis Minat Belajar Biologi Siswa SMA Kasih Depok di Tengah Pandemi Covid-19. In Analisis Minat Belajar Biologi EduBiologia (Vol. 2, Issue 2).
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1133–1143. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.463
Hasyim Ansyari Berutu, M., Iqbal Tambunan, M. H., Tinggi Ilmu Kesehatan Putra Abadi Langkat Jalan Suprapto no, S. R., Bingai, K., & KabLangkat, S. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1 (2), 109–115.
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Masalena Harefa, Natalia Kristiani Lase, & Novelina Andriani Zega. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN,vol1,No.2,381–389. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.65
Nabila, D. A., Assyifa, M., Rahayu, R. P., Nugrah, M., Komariah, K. S., & Budiyanti, N. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini, Remaja Dan Dewasa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 14–26. https://doi.org/10.21009/jkkp.101.02
Putra, I. P. O. P., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2021). Analisis Minat Belajar Ipa Pada Pembelajaran Daring. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia (Vol. 11, Issue 2).
Riduwan & Akdon. 2019. Rumus Dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Simbolon Parlindungan, & Harahap Hasmi Syahputra. (2022). Korelasi Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Biologi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 13, 273–287.
Simorangkir, A., Napitupulu, M. A., Sinaga, T., ARTIKEL Histori Artikel, I., & Pelita Pendidikan, J. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia.JurnalPelitaPendidikan,8(1),1–011. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Triyanti, M., & Nulhakim, U. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Menggunakan Model Pembelajaran Student Acilitator And Explaining. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.246
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v11i2.6060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Diana Khairiyah Sirait, Hasmi Syahputra Harahap, Rusdi Machrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.