Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Index Card Match pada Mata Pelajaran IPA terhadap Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Utomo Torgamba

Eva Julyanti

Abstract


Pembelajaran Menggunakan Metode Index Card Match merupakan Metode pemecahan masalah yang digunakan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran Index Card Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu indeks yang ada di tangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran pembelajaran Index Card Match di kelas VII SMP Swasta Budi Utomo Torgamba. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus di kelas VII SMP Swasta Torgamba yang terdiri dari 1 (satu) kelas dengan jumlah 26 orang. Hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan aktivitas dan hasil belajar setelah dilaksanakannya tindakan dengan pembelajaran pembelajaran Index Card Match. Tes awal kemampuan siswa yang dilakukan sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,08 dengan siswa tuntas sebanyak 11 orang siswa dari 26 siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata kelas meningkat menjadi 68,85 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 orang siswa dan persentase ketuntasan klasikal 69%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 75,00 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 orang siswa dengan persentase ketuntasan klasikalnya 89%. Dari peningkatan ketuntasan yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.