UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI KELAS VII SMP SWASTA TORGAMBA

Eva Juliyanti

Abstract


Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) tipe Student Teams Achievement Division merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang saling asuh antar siswa untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan, serta untuk menggalakkan siswa berinteraksi secara aktif dan positif dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division di kelas VII SMP Swasta Torgamba. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus di kelas VII SMP Swasta Torgamba

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i2.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.