PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Kooperative Type Numbered Head Together (NHT) dikombinasikan dengan pembelajaran Konvensional pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara dan sampel adalah kelas VII-7 sebagai kelas control dan kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Dari perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis (uji t), perbedaan hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test pada kelas Eksperimen dan hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test pada kelas Kontrol dapat diketahui thitung 3,101 dan ttabel 2,042 maka menjadi thitung 3,101 < ttabel 2,042 dengan sig sebesar 0,66. Maka dinyatakan bahwa hipotesis diterima atau hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together lebih tinggi dan signifikan dibandingkan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i2.1241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.