Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 NA.IX-X Sumberjo

Sucen Mentari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Na. IX-X Sumberjo.. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan tipe uraian sebanyak 5 soal. Nilai siswa sebelum di beri perlakuan dengan Nilai Tertinggi 50, Nilai Terendah 24 dengan rataan 39. 35 dan standar deviasinya 6.424. Sedangkan setelah di beri perlakuan mengunakan model pembelajaran problem posing terdapat peninggkatan yaitu Nilai Tertinggi 55, Nilai Terendah 36 dengan rataan 57,21 dan standar deviasinya 8.534 Secara umum siswa kelas VIII3 setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan, berdasarkan analisis data tersebut diperoleh nilai thitung



DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v4i1.1249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.