Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Suriyani Suriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan tipe uraian sebanyak 3 soal. Data diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa berupa soal pretest yang diberikan sebelum proses pembelajaran dan posttest yang diberikan diakhir proses pembelajaran. Analisis data menggunakan uji Paired Samples T-Test, berdasarkan analisis data tersebut diperoleh thitung = 13,154 > ttabel = 1,697 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).



DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.1254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.