Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Pendekatan Open Ended di Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang

Nurafni Afriani, Laili Habibah Pasaribu, Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa memalui pendekatan Open-Ended di kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian di ambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik Random Sampling, yaitu kelas XI-IPA-2 dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dan kelas XI-IPA-1 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematika siswa dalam bentuk essay. Data rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 37.17 dan 35,87. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh data rata-rata post-test pada kelas Eksperimen sebesar 61.60 dengan dan pada kelas kontrol sebesar 54,93 . Pada hasil pengujian N-Gain nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 24,43 dan pada kelas kontrol sebesar 19,07 dengan selisih rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 5,36. Pada hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata N-Gain diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk=58 nilai signifikan 0.016<0,005. Dengan demikian berarti Ha diterima yang berarti terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui pendekatan Open-Ended Di Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Penalaran Matematika.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.1255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.