PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 10 RANTAUPRAPAT

Liyan Aldiva Raka Siwa, Islamiani Safitri, Laili Habibah Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan STAD (Student Team Achievement Division), (2)untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang lebih baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan STAD (Student Team Achievement Division). Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan populasi seluruh siswa SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah seluruh populasi adalah 178 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang berjumlah 49 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Disproportionate Stratified Random Sampling, yaitu kelas XI-IPA yang berjumlah 28 siswa dan kelas XI-IPS yang berjumlah 21 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam bentuk essay sebanyak 5 soal. Pengujian hipotesis statistik pada penelitian ini menggunakan uji t yaitu independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan STAD (Student Team Achievement Division), hal ini terlihat dari hasil uji t yang menyatakan thitung > ttabel yaitu 4,192 > 2,0117. (2)model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik digunakan dari pada model STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, hal ini terlihat dari hasil rata-rata post-test kelas jigsaw lebih tinggi dari pada rata-rata post-test kelas STAD dengan rata-rata post-test kelas jigsaw yaitu 57,21 dengan kriteria tinggi dan STAD yaitu 47,86 dengan kriteria sedang.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.