PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII MTS AL-WASLIYAH SUMBER MULYO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Irmayanti Irmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kontekstual dan Konvensional pada mata pelajaran Matematika di kelas VIII MTs Al-Wasliyah Sumber Mulyo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-postest group kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Wasliyah Sumber Mulyo yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari kelas VIII 1, VIII 2 dan VIII 3. Dari ketiga kelas ini dipilih secara acak, kelas VIII 1 terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 2 terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual memiliki nilai ratarata (81) yang lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (71,17). Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh t hitung besar dari pada t tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kontekstual dan Konvensional dalam mata pelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Ahmad (1995).Pengelolaan Pengajaran, PT Rineka Cipta : Jakarta.

Agus Suprijono (2010). Cooverative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Johnson, B. Elaine. (2002). Kontekstual: What is is and Why it'shere to stay. Bandung : MLC.

Depdiknas.(2004). Kurikulum SMK Edisi 2004.Jakarta :Depdiknas

Donna Basrul. (2005). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Yang Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Konvensional Di KelasII SMPN 3 Padang Panjang.Skripsi. FMIPA: UNP.

Hamalik Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung :Bumi Aksara.

Isra Nurmaiyenti (2004). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning/Ctl) Pada Siswa Kelas II SMAN 4 Padang Dan Pendekatan Konvensional Pada Siswa Kelas II SMAN 7 Padang.Skripsi. FMIPA:UNP.

Nana (1989:78). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung :Alfabeta.

Riduwan. (2006). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rozi Fitriza. (2005). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Contextual Teaching Learning/Ctl) Pada Siswa Kelas II SMPN 8 Padang Dan Pendekatan Konvensional Pada Siswa Kelas II SMPN 7 Padang.Skripsi. FMIPA:UNP.

Sudjana.(2005). Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.

Sugiyono.(1992). Metode Penelitian Administrasi. Bandung :Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (1992). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sumadi Suryabrata. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

UUSPN (Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional) No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i2.1257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.