UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS VII MTS NUR-IBRAHIMY MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Eva Julyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIIMTs Nur-Ibrahimy serta mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII MTs Nur-Ibrahimy. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas dengan metode analisis data yaitu menggunakan rumus korelasi product momen dengan angka kasar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I perlakuan model pembelajaran membahastentang materi menghitung besar sudut dalam segitiga dan instrumen yang dipakai adalah tes soal mengidentivfikasi jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya serta mengobservasi pemahaman siswa. Siklus II sama dengan siklus I yaitu memberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar, dengan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I jika diamati dari hasil tes individu sebesar 72,72%. Sedangkan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus II jika ditinjau dari hasil tes individu sebesar 93,18%. Dan diperoleh juga peningkatan pemahaman belajar kategori baik dan pada siklus II mencapai 86,56% dalam kategori penilaian sangat baik. Dengan demikian hasil pemahaman siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siklus II meningkat dengan sangat memuaskan dan telah berhasil mencapai indikator keberhasilan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bruner, 2008. http://dedi26.blogspot.com/2013/05/indikator-pemahaman-konsep-matematika.html (diambil tanggal 17 April 2015, pukul 15.00 Wib).

Hasanuddin, Eka. 2014. Pembelajaran Model Discovery Learning. http://www.ekaikhsanudin.net/2014/12/pembelajaran-model-discovery-learning.html. (diambil hari rabu, tanggal 9 April 2015, pukul 18.00 Wib).

Karso, dkk. 2001. Proposal Skripsi Metode Inquiry Dengan Metode Discovery. http://www.slideshare.net/MDEDDYS/proposal-skripsi-metode-inquiry-dengan-metode-discovery (diambil: hari selasa, tanggal 8 April 2015, pukul 17.30 Wib).

Tiurlina, 2006. Bab II. http://digilib.unila.ac.id/2505/16/BAB%20II.pdf. (diambil tanggal: 8 April 2015, pukul 17.31 Wib).

Sani, 2013. Pengertian Tes Pengukuran Penilaian. http://akbar-iskandar.blogspot.com/2011/04/pengertian-tes-pengukuran-penilaian-dan.html. (diambil hari minggu, tanggal 12 April 2015, pukul 08.09 Wib).

Sanjaya, 2009. http://dedi26.blogspot.com/2013/05/indikator-pemahaman-konsep-matematika.html (diambil tanggal 17 April 2015, pukul 15.00 Wib).

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Subroto, suryo, 2009. Proposal Skripsi Metode Inquiry Dengan Metode Discovery. http://www.slideshare.net/MDEDDYS/proposal-skripsi-metode-inquiry-dengan-metode-discovery(diambil: hari selasa, tanggal 8 April 2015, pukul 17.30 Wib).

Walle, 2008. Pengertian Tes Pengukuran Penilaian. http://akbar-iskandar.blogspot.com/2011/04/pengertian-tes-pengukuran-penilaian-dan.html. (diambil hari minggu, tanggal 12 April 2015, pukul 08.09 Wib




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i2.1258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.