MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 AEK NATAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Irma yanti

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Natas. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dalam usaha peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Number- Head- Together (NHT). Teknik pengumpulan data dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: Observasi, tes, dan dokumen. Instrumen penelitian ini menggunakan: RPP, LKS, Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan pemberian soal tes pada setiap akhir siklus serta hasil reflaksi siwa pada setiap akhir pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diambil dari lembar pengamatan terhadap guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan membandingkan skor rata-rata tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II dengan pembelajaran metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 53,73. Setelah dilakukan pemberian tindakan dengan model pembelajaran NHT, pembelajaran matematik di akhir siklus I yaitu rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 55,00 dan meningkat pada siklus II sebesar 72,65. Sedangkan pola jawaba siswa bervariasi. Dari penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa melalui pembelajaran Number- Head- Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan proses jawaban siswa kelas VIII SMP N 1 Aek Natas. Saran yang dapat diajukan adalah para guru dalam melaksanakan pembelajaran juga diharapkan menggunakan pembelajaran Number- Head- Together (NHT).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i1.1266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.