PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACCELERATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAFTIF SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 4 BILAH HULU

Islamiani Safitri

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan penalaran adaftip siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran adaftip siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi sisw SMP N 4 Bilah Hulu yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VIII T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SMP N 4 Bilah Hulu, Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana yang menjadi sampel adalah kelas VIII-1 dan VIII-2. Hasil pengujian hipotesis dengan tingkat


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi aksara. Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional, 2003.Undang-undang Republik Indonesia Tahun 2003. Depdiknas. Jakarta

Djaali, 2008. Psikologi Pendidikan. Bumu Aksara. Jakarta

Hadi, 2003. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. UNLAM Banjarmasing

Muslich, 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Bumi Aksara. Jakarta

Paulina Panen, 1997. Kontribusi Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. UNY. Jakarta

Ruseffendi,1988. Pengantar Kepada Membantu guru dalam mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Tarsito. Bandung.

Rusli, 2014. Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Kelas VIII MTs Swasta Al-Amin Batu Tunggal T.P.2013/2014. Skripsi. Jurusan Pend. Matematika STKIP Labuhanbatu.

Saleh, 2015. Penerapan matematika realistic (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar matematika di kelas VII SMP N 3 Pujud T.P2014/2015. Skripsi. Jurusan Pend. Matematika UNRI. Pekan Baru.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i1.1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.