PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 NA IX-X AEK KOTA BATU

Laili Habibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui pembelajaran PMR  di kelas VII SMP Negeri 1 NA IX-X Aek Kota Batu (2) Bagaimana proses jawaban siswa melalui pembelajaran  di kelas VII SMP Negeri 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 NA IX-X Aek Kota Batu yang berjumlah 180 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VII-A dan kelas VII-B, dimana kelas kuasi eksperimen adalah kelas VII-A dan kelas biasa adalah kelas VII-B. Tes kemampuan komunikasi di uji menggunakan soal uraian dengan jumlah soal 5 yang telah divalidasi dan reliabilitas dengan r tabel = 0.878 dan rhitung = 0.881, maka telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai thitung (10.1)>ttabel=2.019 artinya terdapat peningkatan kemampuan komunikasi melalui pembelajaran . Proses penyelesaian jawaban siswa dengan pembelajaran  lebih bervariasi pola jawabannya daripada kelas biasa.


Full Text:

PDF

References


Hartati, Sri. (2008). Model- model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Irianto, B. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas I SMUN di Kota Bandung). Disertasi tidak diterbitkan. Bandung Pasca Sarjana UPI.

Kenney, E.M, dan Tipps, S. 1996. Guiding’s Learning of Mathematics (7th ed.). California : Wadsworth

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i1.1268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.